[Video]: AL Iran Lanjutkan Misinya di Laut Merah

0
242

Kapal logistik Makran milik AL Iran

Teheran, LiputanIslam.com –  Kepala Staf Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran Mayjen Mohammad Hossein Bagheri menyatakan bahwa Angkatan Laut (AL) Iran akan melanjutkan misinya di Laut Merah.

“Kami akan melanjutkan misi AL di Laut Merah, di mana kapal komersial kami baru-baru ini menghadapi beberapa gangguan,” kata Bagheri pada pada pembukaan latihan AL dua hari bersandi “Eghtedar” (Kekuatan) di pantai Makran selatan di sepanjang Laut Oman, Rabu (14/1).

Dia memastikan bahwa AL Iran akan menjamin sepenuhnya keamanan kapal-kapal tanker dan komersial negara ini di perairan tersebut.

Dia menyatakan kekuatan pertahanan Iran di perairan internasional sekarang terlihat jelas manakala “kami melihat bahwa kapal tanker minyak dan kapal komersial Iran terlepas dari semua ancaman, bergerak ke titik-titik terjauh, seperti pantai Karibia di Venezuela dengan keamanan dan perdamaian penuh di bawah bendera kebanggaan Republik Islam Iran.”

Dalam beberapa tahun terakhir, AL Iran eksis di perairan internasional termasuk Samudra Hindia, Selat Bab al-Mandab, dan Laut Merah untuk mengamankan rute kapal AL serta melindungi kapal dagang dan kapal tanker minyak dari serangan perompak.

Dalam latihan maritim tersebut, AL Iran menerima kapal militer “Makran”, yang notabene terbesar di militer Iran selama ini. Kapal itu merupakan kapal pengangkut helikopter yang diproduksi di dalam negeri yang berguna untuk keperluan logistik dalam mendukung misi maritim.

Kapal itu dapat membawa 100.000 ton bahan bakar, air tawar, dan memasoknya ke kapal angkatan laut di berbagai lokasi serta mampu melakukan pelayaran selama 1.000 hari tanpa berlabuh.

Membawa tujuh unit helikopter, Makran dapat mendukung misi Angkatan Laut di perairan yang lebih jauh. (mm/mna/sahara)

Baca juga:

Ratusan Ilmuwan dan Akademisi Iran Rekomendasikan Serangan terhadap Pesawat dan Kapal Perang AS

Rouhani Sebut Trump “Teroris Besar” yang Gagal Total

DISKUSI: