Video: Mesir Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Libya

0
204

Kairo, LiputanIslam.com –  Sebuah video beredar di berbagai akun media sosial di Mesir, yang disebut-sebut sebagai rekaman pengerahan pasukan Mesir dalam jumlah besar ke arah perbatasan negara ini dengan Libya, negara jirannya yang dilanda perang saudara.

Pada Ahad lalu (7/6/2020), beberapa akun media sosial di Mesir membagikan penggalan video disertai keterangan: “Tentara ke-3 di Mesir bergerak ke barat menuju perbatasan Libya.”

Setelah video itu menyebar, di Twitter  beredar tagar tentara Mesir hingga kemudian menjadi viral.

Video tersebut memperlihatkan apa yang diyakini sebagai konvoi Tentara ke-3 Mesir bergerak ke arah barat melalui Sidi Barani dengan sejumlah besar tank dan kendaraan lapis baja.

Keaslian video belum terkonfirmasi, dan belum ada komentar dari sumber resmi Mesir ihwal rekaman video tersebut. Namun, video itu beredar setelah Mesir mengumumkan inisiatifnya untuk “menyelesaikan krisis Libya”.

Baca: Lembaga Fatwa Mesir Kecam Erdogan dan Ikhwanul Muslimin

Libya dilanda perang saudara antara Pasukan Kesepakatan Nasional Libya (GNA) yang didukung Turki di satu pihak dan Tentara Nasional Libya (LNA) yang didukung Mesir, Uni Emirat Arab (UEA), dan Rusia di pihak lain.

Baca: Militer AS Rilis Video Jet Tempur MiG-29 Rusia Melesat Menuju Libya

Banyak akun pendukung GNA menuduh militer Mesir berencana memasuki Libya untuk membantu LNA menahan gerak maju GNA dalam pertempuran.

GNA belakangan ini berhasil merebut kembali sebagian besar wilayah barat laut Libya, termasuk sejumlah kota dan perbatasan administratif Tripoli. (mm/rt/amn)

DISKUSI:
SHARE THIS: