Militer AS Rilis Video Jet Tempur MiG-29 Rusia Melesat Menuju Libya

0
406

Beirut, LiputanIslam.com –  Komando Afrika AS (AFRICOM) pekan ini merilis rekaman video baru yang memperlihatkan jet tempur MiG-29 Rusia yang diduga sedang meluncur menuju Libya.

AFRICOM mengklaim mendapatkan rekaman video itu dari pesawat Rusia yang bergerak menuju Libya pada Mei, tetapi mereka tidak menyebutkan dari mana jet itu lepas landas.

“Penting untuk mengekspos aktivitas yang mencegah orang-orang Afrika mencapai masa depan yang stabil dan lebih aman,” ujar direktur Urusan Publik Komando Afrika AS Kol. Christopher Karns.

Dia mengklaim,“Pesawat tempur Rusia menuju situasi yang sangat kompleks dan menantang di Libya, menambah kekacauan, mempertinggi ketegangan, dan patut mendapat sorotan. Para pejabat Rusia terus menolak keterlibatan mereka meskipun ada bukti yang sangat nyata.”

Baca: Tiga Alasan Mengapa Turki ‘Ngotot’ Terlibat dalam Konflik di Libya

Dalam video itu terlihat jet tempur MiG-29 yang menurut pasukan AS disediakan belakangan ini oleh Rusia untuk Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan Khalifa Haftar yang berperang melawan Pemerintahan Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung Turki.

Baca: Mesir Kecam Tindakan Turki Mengirim Ribuan Kombatan dari Suriah ke Libya

Jet tempur MiG-29 bulan lalu dilaporkan telah diterbangkan dari Suriah menuju Libya ketika Kementerian Pertahanan Rusia mengirim versi yang lebih canggih dari jet tempur yang sama ke Suriah menyusul penerbangan tersebut. (mm/amn)

DISKUSI: