[Video]: Ledakan Dashyat Terjang Konvoi Militer AS di Irak

0
857

Quds, LiputanIslam.com –   Dua konvoi yang membawa peralatan logistik untuk militer AS menjadi sasaran serangan di Irak, Senin (29/3).

Dilaporkan bahwa satu konvoi menjadi sasaran di Babil dan yang lain di Diwaniyah, namun belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Video yang dipublikasi oleh Saberin News telah merekam ledakan yang menerjang salah satu konvoi. Terlihat kobaran api melahap bagian belakang dan muatan sebuah truk trailer yang disebut-sebut pembawa logistik militer AS.

Bagian depan truk tampak masih utuh sehingga mengesankan bahwa pelakunya sengaja tidak bermaksud menghabisi pengemudinya yang biasanya adalah warga Irak sendiri.  Karena itu, meski terlihat dahsyat, sejauh ini tak ada laporan mengenai adanya korban tewas ataupun cedera.

Dalam beberapa bulan terakhir, konvoi kendaraan pembawa peralatan logistik untuk pasukan AS yang ditempatkan di berbagai pangkalan militer di Irak menjadi sasaran serangan bom.

Konvoi itu memasuki Irak terutama dari perbatasan Suriah di barat atau perbatasan Kuwait di selatan.

Banyak kelompok Irak menganggap pasukan AS yang ada di negara itu sebagai penjajah, dan menyerukan penarikan segera pasukan ini dari wilayah mereka. (mm/mna)

Baca juga:

AS Berniat Ajukan Usulan Baru, Iran Pastikan akan Terus Perkaya Uranium 20%

Enggan Sebut Bin Salman “Pembunuh”, Blinken Berkelit dengan Pragmatisme AS

DISKUSI: