[Video:] Kota Quds Membara, Masjid Al-Aqsa Diwarnai Aksi Brutal Pasukan Zionis, Ratusan Orang Terluka

0
37

Quds, LiputanIslam.com Ratusan jemaah Palestina di Masjid Al-Aqsa terluka akibat serangan pasukan Zionis Israel usai shalat subuh yang diikuti oleh ribuan orang di dalam dan di halaman masjid yang sangat disucikan oleh umat Islam ini, Jumat (15/4).

Lembaga Bulan Sabit Merah Al-Quds  menyatakan pihaknya menangani 117 korban luka yang dilarikan dari Masjid Al-Aqsa ke Rumah Sakit Al-Makassed dan rumah sakit lapangan Bulan Sabit Merah. Beberapa korban luka dirawat di lapangan. Mereka terkena peluru karet, bom kejut dan pemukulan.

Sumber-sumber di kota itu menyebutkan bahwa pasukan pendudukan naik ke dinding beberapa pintu masjid, sebelum melakukan penyerbuan yang diwarnai aksi penembakan bom kejut, gas air mata dan peluru karet secara intensif.

Menurut sumber-sumber itu, pasukan Zionis sengaja menembakkan puluhan bom kejut dan peluru karet terhadap para pemuda di Masjid Al-Qibli.

Bulan Sabit Merah mengumumkan pembukaan rumah sakit lapangan untuk merawat yang terluka, sementara Rumah Sakit Al-Makassed menyatakan telah menerima 40 korban luka, delapan di antaranya dirawat di ruang pemulihan, dan sedang dilakukan operasi pada pada beberapa korban lain.

Pasukan Zionis juga menyerang jemaah perempuan, orang tua, jurnalis dan penjaga Masjid Al-Aqsha, dan memecahkan kaca atas aula Al-Qibli.

Beberapa video yang beredar memperlihatkan kebrutalan pasukan Zionis di tempat suci dan di bulan suci tersebut.

Sumber-sumber lokal melaporkan bahwa pasukan pendudukan menyerbu Masjid Al-Qibli  di mana para jamaah beriktikaf sejak dini hari, dan jemaahpun terpaksa menghadapi bom dan peluru pasukan Zionis.

Pasukan Zionis secara brutal menyerang semua jamaah dengan pukulan, pentungan, bom kejut dan gas air mata untuk membubarkan jamaah secara total. Pasukan itu juga melancarkan aksi penangkapan para pemuda yang ada di dalam dan memukuli mereka.

Ribuan orang Palestina dari Quds dan berbagai daerah pendudukan lain berbondong-bondong mendatangi Masjid Al-Aqsha sejak dini hari, untuk melakukan salat Jumat pada siang harinya.

Semua itu dilakukan sebagai respon atas seruan kegiatan keagamaan sekaligus untuk melindungi Masjid Al-Aqsa dari ancaman kelompok-kelompok Zionis yang belakangan dikabarkan akan menyerbu komplek Masjid Al-Aqsa untuk melakukan ritual kurban.

Di hari yang sama, beberapa daerah di Tepi Barat juga diwarnai bentrokan warga Palestina dengan pasukan Israel, yang mengakibatkan beberapa warga menderita sesak nafas akibat menghirup gas air mata.

Pada dini hari itu Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan  gugurnya seorang warga Palestina  setelah menderita luka parah yang dideritanya akibat bentrokan dengan pasukan Israel pada hari Kamis. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Diancam Para Pejuang Palestina, Israel Bantah Rencana Penyembelihan Kurban di Al-Aqsa

Merasa Punya Kepentingan Kolektif, Turki Mengaku Ingin Jalin Hubungan Permanen dengan Israel

 

DISKUSI: