Merasa Punya Kepentingan Kolektif, Turki Mengaku Ingin Jalin Hubungan Permanen dengan Israel

0
169

Ankara, LiputanIslam.com –  Menlu Turki Mevlut Cavusoglu menyatakan “Ankara berusaha menjalin hubungan permanen dengan Israel”.

Hal itu dia nyatakan dalam wawancara dengan para wartawan Israel yang sedang berada di Turki dalam perjalanan tiga hari, yang didanai sepenuhnya oleh Direktorat Komunikasi, yang merupakan bagian dari kantor Presiden Recep Tayyip Erdogan, menurut media Israel.

Cavusoglu mengatakan, “Turki dan Israel memiliki kepentingan bersama, …. dan siap mengembangkan kerjasama bilateral dan dialog regional melalui agenda positif…. Kehangatan hubungan bilateral tergantung pada kebijakan Israel terhadap Palestina.”

Dia melanjutkan, “Sejak tahun 1949, hubungan kami mengalami fluktuasi, karena pelanggaran hak-hak Palestina, bukan karena masalah dalam hubungan bilateral kami… Kami mengharapkan pihak Israel menghormati hukum internasional tentang masalah Palestina demi hubungan yang permanen.”

Cavusoglu juga memastikan negaranya ingin “mengembangkan potensi kerjasama dengan Israel di bidang energi, perdagangan, investasi, sains dan teknologi, pertanian dan ketahanan pangan.” Di ajuga menekankan bahwa ada “momentum baru dalam hubungan bilateral di saat ini.”

Dikutip  Jerusalem Post, Cavusoglu menjelaskan bahwa negaranya memiliki “volume kerjasama perdagangan yang besar dengan Israel,” dan bahwa “volume perdagangan bilateral telah meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir, meski ada pandemi Covid-19.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Dua Orang Palestina lagi Gugur di Jenin akibat Serbuan Pasukan Zionis

Komandan Pasukan Quds IRGC: Israel Terlalu Kecil untuk Menjadi Lawan Iran

DISKUSI: