[Video:] Kebohongan Saudi Terbongkar, Yaman Tunjukkan Bukti Kapal yang Disitanya Bukan Berkargo Sipil

0
310

Sanaa, LiputanIslam.com –  Tentara Yaman kubu Sanaa yang bersekutu dengan gerakan Ansarullah (Houthi) membongkar kebohongan publik pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi ihwal kargo kapal Rwaabe yang disita oleh tentara Yaman sejak beberapa waktu lalu.

Koalisi itu semula mengklaim bahwa kapal itu adalah kapal sipil yang memuat kargo sipil pula berupa peralatan medis untuk sebuah sakit di Pulau Socotra. Koalisi yang sudah tujuh tahun melakukan invasi militer di Yaman itu juga menuding Ansarullah telah membuat video palsu yang memperlihatkan kapal itu memuat berbagai jenis kendaraan militer, amunisi dan perlengkapan perang lain.

Namun, tentara Yaman, Sabtu (8/1), kembali pasang badan dengan memperlihatkan bukti-bukti tak terbantahkan berupa sejumlah foto dan video asli dan tanpa rekayasa, yang menunjukkan bahwa kapal Rwaabe memang biasa digunakan untuk kargo militer.

Pada bukti foto dan video itu terlihat bagaimana kapal Rwabee milik Uni Emirat Arab itu dalam pelayaran-pelayaran sebelumnya juga telah membawa kendaraan dan perlengkapan militer.

Tentara Yaman antara lain menyebutkan bahwa pasukan koalisi pada tanggal 4 November 2021 telah menggunakan kapal Rwaabe untuk mengangkut mobil-mobil militer lapis baja. (mm/fna)

Berita terkait:

Ansarullah Yaman Sebut Penyitaan Kapal Senjata UEA Sebagai Pertarungan Kehormatan

[Video:] Koalisi Arab Ancam Gempur Pelabuhan Yaman Jika Ansarullah Tak Lepaskan Kapal Senjata yang Disita

DISKUSI: