Video: Kebakaran di Pelabuhan Iran, 7 Kapal Rusak

0
115

Teheran, LiputanIslam.com –  Kebakaran melanda galangan kapal di pelabuhan Bushehr, Iran, dan menyebabkan setidaknya tujuh kapal rusak, namun tidak menjatuhkan korban. Demikian dilaporkan oleh media setempat.

Peristiwa yang terjadi pada hari Rabu (15/7/2020) itu menjadi insiden terbaru dalam serangkaian kebakaran dan ledakan yang terjadi di berbagai lokasi di negara ini  selama beberapa pekan terakhir, termasuk di sejumlah situs sensitif.

Dalam video yang beredar terlihat petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan api yang menyebabkan kepulan asap di galangan kapal.

Beberapa ledakan dan kebakaran terjadi di sekitar fasilitas militer, nuklir, dan industri Iran sejak akhir bulan lalu, termasuk kebakaran di fasilitas nuklir bawah tanah Natanz pada 2 Juli. Natanz adalah pusat pengayaan Iran yang, menurut Teheran, bertujuan damai.

Baca: Bantah Ada Bocoran Informasi, IRGC Bersumpah akan Terus Berjuang Menuju Kemusnahan Israel

Pada 3 Juli, badan keamanan utama Iran menyatakan penyebab kebakaran Natanz telah ditentukan namun akan diumumkan kemudian.

Berbagai laporan menyebutkan kemungkinan adanya serangan cyber di balik serangkaian insiden tersebut, dan seorang pejabat Iran memperingatkan pihaknya akan membalas jika memang nanti Teheran berkesimpulan bahwa insiden-insiden itu terjadi akibat sabotase pihak asing.

Baca: Komandan Pasukan Quds IRGC Sebut AS Sedang Jalani Azab Tuhan

Menteri pertahanan Israel pada 5 Juli menyatakan negaranya tidak “mesti” terkait dengan  setiap insiden misterius di Iran. (mm/aljazeera/rt)

DISKUSI: