[Video]: Israel Rilis Rekaman Gambar “Pabrik Rudal” Hizbullah

0
185

Quds, LiputanIslam.com –  Militer Israel merilis video yang diklaimnya membuktikan keberadaan pabrik rudal Hizbullah di pinggiran kota Beirut, ibu kota Libanon, meskipun Hizbullah membantah telah membuat ataupun menyimpan senjata di daerah tersebut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu Selasa lalu juga mengklaim adanya kemungkinan terjadinya tragedi ledakan lagi di Beirut, sembari menuduh Hizbullah memproduksi dan menyimpan rudal di lingkungan Jnah di pinggiran selatan kota itu, persisnya di 50 meter dari sebuah pom bensin dan sebuah perusahaan gas.

Pada tanggal 4 Agustus lalu, ratusan ton amonium nitrat yang disimpan di gudang pelabuhan Beirut meledak, menewaskan lebih dari 190 orang, melukai ribuan orang , dan menimbulkan kehancuran yang luas.

Netanyahu telah berulang kali menyatakan Hizbullah memproduksi rudal untuk menyerang rezim Zionis tersebut.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah menyebut Netanyahu “menghasut rakyat Lebanon” agar menentang Hizbullah.

“Kami tidak menempatkan rudal di pelabuhan Beirut ataupun dekat pom bensin, dan kami tahu persis di mana kami harus menempatkan rudal kami,” tepisnya.

Dalam pidato saat menanggapi klaim Netanyahu itu, Nasrallah menyebutkan bahwa pihaknya mengajak wartawan untuk segera meninjau lokasi yang disebutkan oleh Netanyahu.

“Kami akan mengizinkan media untuk memasuki fasilitas itu dan melihat apa yang ada di dalamnya, supaya seluruh dunia dapat melihat kebohongan Netanyahu di udara,” ujarnya.

Dalam waktu sekitar satu jam, puluhan jurnalis media lokal dan asing, termasuk tim AFP, berkumpul dan mendatangi fasilitas yang terletak di lingkungan dekat pemukiman kawasan Jnah tersebut bersama Muhammad Afif, pejabat kantor hubungan media Hizbullah

“Ini adalah fasilitas industri biasa di wilayah in… Kami menegaskan sekali lagi bahwa semua tuduhan yang berulang kali dibuat oleh musuh tak lain adalah tuduhan dusta dan palsu,” ujar Afif di tengah wartawan di dalam fasilitas tersebut.

Militer Israel, Jumat (2/10/2020),  memublikasi rekaman video di WhatsApp dan Twitter yang menunjuk ke fasilitas yang ditinjau oleh para wartawan tersebut.

Menurut militer Israel, video itu memperlihatkan adanya “mesin pemotongan laser”, “mesin pemotong hidrolik” dan “mesin penggulung logam”, yaitu peralatan yang memungkinkan produksi komponen rudal presisi tinggi.

Militer Israel menyebutkan bahwa mesin pemotong dapat digunakan untuk membuat “hulu ledak” dan “sayap stabilisasi”, serta mesin-mesin lain untuk membuat silinder logam untuk rudal yang mampu mencapai sasaran strategis di Israel. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Wartawan Serbu Tempat yang Diklaim Netanyahu sebagai Gudang Rudal Hizbullah

Sayid Nasrallah Nyatakan Tak Dapat Melupakan Besarnya Jasa Emir Kuwait

DISKUSI: