[Video:] Iran Ujicoba Drone “Qods Mohajer 6” Pembawa 4 Rudal Bersayap

0
1786

Teheran, LiputanIslam.com –  Sebuah saluran berita yang dekat dengan pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Rabu (8/12), memublikasi rekaman video ujicoba pesawat nirawak (drone) “Qods Mohajer-6” yang dapat membawa empat rudal bersayap jenis “Qaem-5”.

Dalam video itu terlihat drone tersebut melesat di landasan pacu kemudian terbang dan merudal target di atas permukaan tanah hingga terjadi ledakan yang menghancurkan target tersebut.

Pada Februari 2018 Kementerian Pertahanan Iran mengumumkan dimulainya produksi drone Qods Mohajer-6 yang dilengkapi dengan bom-bom pintar.

Dalam sebuah acara peresmian yang diselenggarakan dalam rangka peringatan HUT ke-39 kemenangan revolusi Islam, Menteri Pertahanan Iran saat utu, Brigjen Amir Hatami, menyebut drone Qods Mohajer-6 sebagai “salah satu prestasi penting industri pertahanan Iran”.

Drone berkemampuan membawa berbagai jenis muatan “untuk pemantauan, pengintaian dan serangan” dan membuat angkatan bersenjata dapat menjalankan misinya dalam zona operasi yang luas, melakukan pantauan udara jangka panjang dan menghancurkan berbagai target dengan presisi tinggi.

Keistimewaan drone ini juga mencakup kemampuannya mengirim data secara langsung sepanjang waktu ke pusat-pusat komando dan kendali serta menyediakan pengawasan intelijen secara luas terhadap area operasi.

Pesawat nirawak ini juga dapat mendarat dan lepas landas di landasan pacu pendek. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Iran Kecam Obral Senjata Prancis di Kawasan Teluk Persia

Ditemui Petinggi UEA, Presiden Iran Serukan Kebersamaan Menghadapi Plot Musuh

DISKUSI: