Ditemui Petinggi UEA, Presiden Iran Serukan Kebersamaan Menghadapi Plot Musuh

0
252

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi menekankan perlunya kebijaksanaan dan pemahaman bersama negara-negara regional untuk menggagalkan plot musuh terhadap kawasan Teluk Persia dan sekitarnya.

“Kebijakan musuh negara-negara regional adalah untuk menciptakan ketakutan di antara tetangga, tetapi konspirasi ini akan digagalkan dengan kebijaksanaan dan pemahaman bersama,” kata Raisi saat menerima kunjungan Penasihat Keamanan Nasional UEA, Syeikh Tahnoon bin Zayed Al-Nahyan, di Teheran, Senin (6/12).

Raisi menyebut dukungan kepada orang-orang Muslim di kawasan sebagai kebijakan pasti bagi negaranya.

“Zionis di kawasan mengejar tujuan jahat mereka, dan di mana pun mereka dapat menemukan pijakan mereka akan mengubahnya menjadi alat ekspansionisme, karena itu negara-negara regional harus berhati-hati,” lanjutnya.

Raisi mengatakan, “Keamanan negara-negara di kawasan saling terkait dan Iran mendukung keamanan negara-negara pesisir Teluk Persia… seharusnya tidak ada hambatan dalam hubungan antara dua negara Muslim Iran dan UEA, dan hubungan ini tidak boleh dipengaruhi oleh pihak luar.”

Di pihak lain, Syekh Tahnoon, mengatakan, “Kami adalah anak-anak dari kawasan ini dan kami memiliki takdir yang sama, sehingga pengembangan hubungan antara kedua negara ada dalam agenda kami.”

Mengenai pembicaraannya dengan sejawatnya dari Iran, Ali Shamkhani, Syekh Tahnoon mengatakan, “Pertemuan ini akan menjadi titik balik dalam hubungan antara kedua negara.”

“Kami siap mengembangkan kerjasama, dan berharap babak baru hubungan kedua negara akan dimulai dengan kunjungan Presiden Iran Raisi ke UEA,” imbuhnya.

Sebelumnya di hari yang sama Sheikh Tahnoon dan Shamkhani dalam pertemuan di Teheran membahas kerjasama keamanan antara kedua negara. Keduanya juga bertukar pikiran mengenai perkembangan regional dan internasional.

Sheikh Tahnoon berkunjung ke Teheran pada hari Senin atas undangan resmi Shamkhani setelah Mantan Menteri Luar negeri UEA  Anwar Gargash menyatakan bahwa negaranya “telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan [dengan Iran] karena kami tidak tertarik dalam konfrontasi”. (mm/fna)

Baca juga:

Bennett: Sudah Tiba Saatnya Israel Gunakan Segala Cara terhadap Iran

Ebrahim Raisi: Iran Buktikan Kesungguhannya dalam Perundingan Nuklir

DISKUSI: