[Video] Iran Pamerkan Dua Sistem Pertahanan Udara Baru

0
1039

Teheran, LiputanIslam.com –   Militer Iran kembali membuat kejutan terkait dengan perkembangan kekuataannya. Kali ini, Ahad (18/4), Angkatan Bersenjata Iran meluncurkan dua sistem pertahanan udara, Zolfaqar dan Majid, yang baru dikembangkan di dalam negeri dengan  kemampuan menghancurkan rudal jelajah.

Alutsista baru itu dipamerkan pada momen peringatan Hari Angkatan Bersenjata di Iran dengan  dipajang di atas kendaraan taktis Aras buatan dalam negeri.

Zolfiqar adalah sistem pertahanan udara ketinggian rendah yang terdiri dari multi-peluncur yang diluncurkan dari bahu secara mekanis dan sistem Shahid Majid yang mencakup sistem kendali tembakan elektro-optik dan peluncur ganda.

Kedua sistem pertahanan udara tersebut mampu menghancurkan target musuh yang terbang di ketinggian rendah, khususnya rudal jelajah.

Parade militer  pada peringatan itu digelar dalam bentuk pawai mobil di Teheran di hadapan Panglima Angkatan Bersenjata Mayjen Abdolrahim Mousavi.

Pesan Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei dan Presiden Iran Hassan Rouhani dibacakan dalam pawai.

Tanggal 18 April diperingati sebagai “Hari Angkatan Bersenjata” di Iran, dan pawai diadakan untuk menampilkan sebagian kekuatan militer negara republik Islam ini.

Sehari sebelumnya, Ayatullah Khamenei selaku panglima tertinggi menyerukan kesiapan Angkatan Bersenjata untuk berbagai misi, dan mengimbau para pejabat untuk lebih meningkatkan kekuatan militer.

Dalam pesan kepada Mayjen Abdolrahim Mousavi dia memuji semua personel Angkatan Bersenjata serta anggota keluarga mereka.

Dia menegaskan, “Hari ini, tentara berada di tempat kejadian dan bersiap untuk misi. Terus tingkatkan kesiapan ini sebanyak yang dibutuhkan dan mainkan peran.”

Sementara itu, Mousavi di sela-sela parade militer mengatakan bahwa kemampuan drone Angkatan Bersenjata Iran sekarang merupakan kekuatan dan kartu kemenangan negara ini di medan perang jika diperlukan.

“Apa yang Anda saksikan hari ini, adalah sebagian kecil dari kemampuan Angkatan Bersenjata yang ditampilkan dalam kepatuhan penuh pada protokol kesehatan… Dengan parade ini, kami ingin menyampaikan pesan kepada bangsa Iran bahwa selama 43 tahun terakhir kami telah melawan musuh-musuh negeri dan cita-cita Republik Islam (Iran),” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Poin terpenting adalah bahwa Angkatan Bersenjata telah mencapai kekuatan drone sedemikian rupa justru pada tahun-tahun tekanan dan sanksi maksimum (AS).” (mm/fna)

Baca juga:

[Video:] Atwan: Pengayaan Uranium 60 % Iran, Bukti Kedahsyatan Teknologi Iran

Iran: Sebaiknya Liga Arab dan GCC Khawatirkan Nuklir Israel

Iran Hasilkan 9 Gram Uranium Yang Diperkaya 60% Per 9 Jam, “Peringatan bagi Musuh”

DISKUSI: