[Video] Iran Pamerkan Drone Baru Bernama “Gaza”

0
783

Teheran, LiputanIslam.com –   Pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) meluncurkan tiga produk strategis baru, berupa drone super berat, sistem rudal pertahanan udara, dan sistem radar.

Tiga produk itu ialah drone “Gaza”, sistem rudal permukaan-ke-udara “9 Dey” dan sistem radar “Qods, yang diluncurkan oleh IRGC dalam upacara yang dihadiri oleh Komandan IRGC Mayjen Hossein Salami dan Komandan Pasukan Dirgantara IRGC Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh, Jumat (21/5).

Drone Gaza yang berbadan lebar merupakan raihan pertahanan baru yang dibuat oleh para ahli di IRGC dan dapat melakukan berbagai misi pengintaian, pertempuran, pengintaian dengan durasi penerbangan 35 jam.

“Pesawat nirawak (UAV) ini mampu membawa 13 bom dalam jarak lebih dari 2.000 kilometer dalam misi tempur, serta membawa 500 kilogram berbagai peralatan pengintaian dan sinyal,” kata Jenderal Hajizadeh.

“Bergabungnya drone Gaza ke armada UAV Angkatan Udara IRGC akan meningkatkan kemampuan IRGC dalam melawan ancaman musuh,” tambahnya.

Dia menyebutkan bahwa selain untuk penggunaan militer dan pertahanan, drone Gaza dapat melakukan misi pemantauan hutan, operasi penyelamatan, dan memberikan bantuan dalam bencana alam semisal banjir dan gempa bumi.

Hajizadeh menjelaskan, “Sistem rudal permukaan-ke-udara yang 100% diproduksi di dalam negeri”  9 Dey “berkemampuan menghadapi dan menghancurkan berbagai ancaman dari jarak dekat seperti rudal jelajah, bom pesawat, dan drone.”

Dia juga mengatakan, “Sistem radar Qods dapat dikerahkan dan dipindahkan dengan cepat.”

Sementara itu, mengenai drone Gaza, Mayjen Hossein Salami mengatakan, “Kami menamainya Gaza supaya, insya Allah, menjadi satu kebanggaan bagi orang-orang yang ada di sana (Gaza).” (mm/fna)

Baca juga:

Bersurat Kepada Pejuang Gaza, Jenderal Qaani: Kami Tak Dapat Hidup Nyaman Sebelum Israel Musnah

Komandan IRGC: Kapal-Kapal Israel Terkena Operasi Militer

 

DISKUSI: