[Video]: Hizbullah Rilis Video Penawanan Tentara Zionis, Jurnalis Israel Mengkonfirmasi

0
1088

Beirut, LiputanIslam.com –  Kelompok pejuang Hizbullah merilis dokumentasi video baru yang merekam sebuah peristiwa pertempuran sengit di mana mereka berhasil melumpuhkan mobil patroli militer Israel kemudian meringkus tentara Zionis yang ada di dalamnya.

Dilaporkan bahwa peristiwa itu terjadi dalam sebuah operasi militer Hizbullah bersandi “Al-Wa’ad Al-Shadiq” (Janji Yang Benar) di wilayah perbatasan Libanon-Israel (Palestina pendudukan 1948) dalam perang Hizbullah-Israel yang berkobar selama 12 hari pada bulan Juli 2006.

Operasi itu dilancarkan Hizbullah demi memenuhi janjinya untuk membebaskan para anggotanya yang ditawan oleh Israel.

Operasi itu dilakukan pada sekitar jam 09.00 hari Rabu 11 Juli 2006. Sebuah regu tentara Zionis yang terdiri atas 6-8 personil dan sedang berpatroli di dekat kawasan Khillah Wardah di Libanon selatan dilumpuhkan oleh Hizbullah dengan ledakan sebuah bom yang sontak menghentikan mobil patroli Zionis.

Beberapa tentara Zionis tewas akibat ledakan itu, sedangkan yang selamat terlibat kontak senjata langsung dengan para pejuang Hizbullah hingga kemudian dua tentara Zionis berhasil diringkus dan ditawan oleh Hizbullah.

Berikut adalah cuplikan video tersebut:

Jurnalis militer saluran 13 Israel, Selasa (13/7), mengkonfirmasi keaslian video beruasi 5 menit 48 detik yang dirilis Hizbullah melalui Media Perang Poros Resistensi cabang Libanon tersebut, dan menilai sengaja dipublikasi oleh Hizbullah sekarang dalam rangka perang mental terhadap Israel.

“Video operasi penawanan dua tentara Israel pada Juli 2006 yang kemarin dirilis Hizbullah itu faktual,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Ini merupakan perang urat saraf Hizbullah dalam peringatan 15 tahun perang tersebut. Hizbullah tahu persis bahwa media Israel, terutama televisinya, akan mengambil dan menayangkan video ini.” (mm/fna)

Baca juga:

Hubungi Presiden Terpilih Iran, Ismail Haniyeh Puji Hubungan Teheran dengan Hamas

Erdogan Sebut Hubungan Turki-Israel Penting bagi Timteng, Ini Komentar Pedas Publik Arab

DISKUSI: