[Video]: Hamas Ringkus Seorang Syeikh Pelaku Penurunan Poster Jenderal Soleimani di Gaza

0
168

Gaza, LiputanIslam.com –  Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) mencokok seorang syeikh berdarah Maroko yang telah nekat mencopot poster jenderal tersohor Iran Qassem Soleimani di Jalur Gaza.

Dilaporkan bahwa tiga hari setelah penangkapan itu istri syeikh bernama Majdi Al-Maghribi itu, Sabtu (2/1), meminta kepada Hamas agar segera membebaskannya.

“Syeikh Majdi masih ditahan setelah merobek poster Qassem Soleimani di Gaza, dan tak jelas tempat penahanannya ataupun tuduhan yang dialamatkan kepadanya, sehingga menimbulkan kekhawatiran di pihak keluarga dan anak-anaknya,” ungkapnya.

Tiga hari sebelumnya, istri Majdi menuding aparat keamanan Hamas telah menangkap putranya karena dituduh menyobek poster jenderal Iran tersebut.

Saudara laki-laki Majdi mengatakan bahwa otoritas Hamas telah menciduk Majdi pada Kamis lalu beberapa jam setelah menyebarkan video dan foto di media sosial yang memperlihat dirinya mencopot poster Soleimani yang terpajang di sebuah baleho di Jalur Gaza.

Qassem Soleimani adalah mantan komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang telah gugur diserang pasukan Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak, pada 3 Januari 2020.

Para pejuang Palestina memajang poster-posternya di Gaza disertai gelar “Syahid Al-Quds” karena dia merupakan sosok yang sangat berjasa melatih dan mempersenjatai para pejuang Palestina, terutama Hamas dan Jihad Islam Palestina.

Meski demikian, Jenderal Soleimani dibenci oleh sebagian kalangan Arab, terutama yang beraliran Salafi/Wahhabi, karena Soleimani juga sangat berjasa memerangi kelompok-kelompok radikal dan teroris penganut aliran tersebut. (mm/rta)

Baca juga:

Pemimpin Jihad Islam Palestina: Jenderal Soleimani Dukung Palestina dengan Senjata dan Teknologi

Komandan IRGC Pastikan Pasukan Iran Siap Bertempur Melawan Pasukan AS

DISKUSI: