[Video:] Gempur Kurdistan Irak, IRGC; Kami Timpakan Kerugian Besar pada Teroris

0
135

Teheran, LiputanIslam.com   Korps Garda Revolusi Islam  (IRGC) Iran mengumumkan dimulainya babak baru serangan rudal dan drone terhadap markas-markas teroris separatis anti-Iran di Irak utara.

Humas Angkatan Darat IRGC dalam sebuah pernyataan, Senin (21/11), mengumumkan awal serangan rudal dan drone baru dari Pangkalan Hamza Sayid al-Syuhada untuk menghancurkan sisa-sisa markas dan pusat kelompok teroris separatis anti-Iran yang berbasis di wilayah utara Irak.

“Menyusul terjadinya pergerakan penjahat dan kelompok teroris separatis anti-Iran di barat laut negara  ini, dan terjadinya kejahatan dan ketidakamanan di beberapa daerah, Pangkalan Hamzah Sayid al-Syuhada Angkatan Darat IRGC, dengan memperkuat pasukannya sendiri di dalam ruang lingkup geografi misi dan memanfaatkan kerja sama warga setempat yang pemberani, memulai konfrontasi terhadap faktor-faktor ketidakamanan di wilayah tersebut,” bunyi pernyataan itu.

IRGC menambahkan, “Kami menegaskan bahwa kami menganggap keamanan kawasan dan orang-orang terhormat dan gagah berani dari provinsi perbatasan di barat laut sebagai garis merah kami. Kami juga memperingatkan penjahat bersenjata dan teroris bayaran arogansi global bahwa jika mereka terus maju dengan kekuatan dan kejahatan mereka dan menciptakan ketidakamanan dan gangguan bagi penduduk, maka para pejuang Pangkalan Hamzah Sayid al-Syuhada dan pasukan keamanan lainnya akan mengegendakan tindakan tegas terhadap mereka.”

Sementara itu, Direktur kantor saluran Al-Alam di Baghdad, ibu kota Irak, mengatakan IRGC telah mengebom markas dan kamp-kamp partai separatis di Irak utara, setelah sebelumnya pemerintah Iran memperingatkan otoritas Irak agar mencegah partai separatis Kurdi itu melancarkan aksi teror di wilayah Iran.

Dia menjelaskan bahwa IRGC menyerang banyak markas partai separatis Kurdi di wilayah Kurdistan, termasuk di wilayah Koy Sanjak, tempat partai separatis itu membuat barak dan kamp yang digunakan sebagai markas untuk melakukan operasi anti-Iran.

Direktur kantor Al-Alam mengatakan ada laporan jatuhnya korban tewas dan luka di pihak partai separatis Kurdi, serta terjadi kebakaran yang berkobar di markas partai Kurdi dan menunjukkan tingkat kehancuran akibat serangan tersebut.

Menurutnya, IRGC menggempur markas partai Komala di dekat kota Sulaymaniyah dengan empat rudal, dan sejumlah drone.  Selain itu, IRGC juga menyerang Partai Demokrasi Kurdistan Iran di wilayah Kanikan.

Direktur kantor Al-Alam mengatakan belum ada catatan yang jelas mengenai korban tewas dan luka, namun Partai Demokrasi Kurdistan Iran mengakui bahwa salah satu anggotanya telah tewas akibat serangan tersebut. (mm/tasnim/alalam)

Baca juga:

Presiden Iran: Dukungan Barat kepada Teroris dan Perusuh Tak akan Menguntungkan Mereka

IRGC: Iran Sudah Berkelas Dunia di Bidang Drone dan Rudal

DISKUSI: