IRGC: Iran Sudah Berkelas Dunia di Bidang Drone dan Rudal

0
142

Teheran, LiputanIslam.com   Komandan Divisi Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, Brigjen Amir Ali Hajizadeh, memastikan negara ini memiliki kekuatan drone berkelas dunia serta mencetak banyak prestasi yang akan terlihat jika sudah tiba saatnya konfrontasi.

Pada kesempatan di sela-sela kunjungan sekelompok pengajar dari dua sekolah agama (hauzah ilmiyyah) Qom dan Mashhad ke pameran kekuatan dirgantara IRGC, Ahad (20/11), Hajizadeh menyebut pencapaian Iran di bidang drone telah menantang aktivitas tentara kuat di dunia.

“Ada banyak pencapaian (militer) lainnya, yang akan diungkapkan pada waktunya; misalnya, kemampuan untuk menyerang (target) musuh pada jarak 1.500 kilometer,” ujarnya.

Mengenai teknologi rudal, dia mengatakan Iran juga sudah menduduki peringkat global.

“Berita yang beredar belakangan ini tentang rudal balistik hipersonik canggih dan mampu bermanuver di luar atmosfer bukanlah hal baru, melainkan hanya diumumkan belakangan ini,” tuturnya.

Dia menambahkan bahwa rudal hipersonik Iran mewakili percepatan pertumbuhan generasional rudal, dan musuh tidak akan dapat menemukan teknologi baru untuk melawannya selama beberapa dekade mendatang.

Hajizadeh mengumumkan pengembangan rudal balistik hipersonik Iran pada 10 November, sembari menyebut rudal itu mampu menembus pertahanan udara yang canggih dan menyerang target yang ditentukan.

“Rudal ini memiliki kecepatan tinggi dan dapat bermanuver baik di dalam maupun di luar atmosfer Bumi. Rudal baru ini dapat menerobos semua sistem pertahanan rudal,  menyasar sistem anti-rudal musuh, dan produksinya menandai lompatan besar dalam pengembangan rudal generasi baru,” ujarnya.

“Di bidang luar angkasa, kami baru-baru ini dapat meluncurkan roket pembawa satelit Qaem 100, yang beroperasi dengan bahan bakar padat. Kami akan menempatkan satelit pertama di orbit pada tahun ini (menurut kalender nasional Hijriah Syamsiah), menggunakan pembawa Qaem 100,” lanjutnya.

Divisi Dirgantara IRGC awal November ini berhasil meluncurkan wahana pembawa satelit suborbital berbahan bakar padat tiga tahap Qaem 100.

Qaem 100, yang pertama dari jenisnya diproduksi oleh ilmuwan Iran, mampu menempatkan satelit seberat hingga 80 kilogram ke orbit 500 kilometer dari permukaan bumi.

Dalam beberapa tahun terakhir Iran berhasil membuat dan menempatkan berbagai satelit ke luar angkasa serta meluncurkan beragam wahana pembawa satelit.

Akhir Juni lalu, untuk kedua kalinya Iran menguji roket pembawa satelit propelan hibrida yang dikembangkan di dalam negeri dan dinamai  Zuljanah untuk “tujuan penelitian yang telah ditentukan”. (mm/tasnim)

Baca juga:

Ayatullah Khamenei: Barat Tak Tahan Menyaksikan Pesatnya Kemajuan Iran Sehingga Dalangi Kerusuhan

Marah Besar, Jenderal Iran: Saudi Layak Mendapat Tamparan Keras

DISKUSI: