[Video:] Detik-Detik Peluncuran Beberapa Drone Canggih Yaman ke Wilayah Saudi dan UEA

0
9

Sanaa, LiputanIslam.com –   Kelompok Media Perang (Al-I’lam al-Harbi) cabang Yaman, Selasa (15/2), merilis kompilasi rekaman video peluncuran beberapa pesawat nirawak (drone/UAV)  berbahan peledak ke wilayah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) dalam operasi-operasi serangan yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh  Unit Pasukan Drone Yaman kubu Sanaa, ibu kota Yaman.

Kompilasi video itu memperlihatkan detik-detik peluncuran sejumlah besar drone tipe Samad-1, Samad-2 dan Samad-3 dari berbagai lokasi dalam operasi-operasi serangan ke wilayah Saudi dan UEA.

Situs berita Al-Masirah milik Ansarullah (Houthi) menyebutkan bahwa rekaman itu mendokumentasikan metode pasukan Yaman kubu Sanaa dalam peluncuran drone ke angkasa serta tingkat kemampuan teknologi Unit Pasukan Drone Yaman.

Sebelumnya, Jubir Angkatan Bersenjata Yaman, Brigjen Yahya Saree, mengatakan, “Media Perang akan membagikan video-video peluncuran drone dalam operasi-operasi sebelumnya ke kedalaman wilayah Saudi dan Emirat, melalui saluran-saluran satelit nasional pada sore hari ini, insya Allah.”

Di pihak lain, jet-jet tempur Saudi telah menghancurkan gedung Yaman International Telecommunications Co (TeleYemen) di Sanaa, kurang dari tiga minggu setelah internet dan telekomunikasi internasional terputus di Yaman akibat serangan udara serupa.

Al-Masirah melaporkan bahwa jet tempur Saudi melancarkan dua serangan udara terhadap gedung yang terletak di distrik al-Thawra pada pukul 2:00 waktu setempat. Serangan ini menghancurkan gedung itu secara total  serta menimbulkan kerusakan berat pada gedung di dekatnya.

Serangan itu terjadi ketika koalisi pimpinan Saudi sering menargetkan infrastruktur Yaman.

Akhir Januari, pesawat tempur Saudi menggempur gedung telekomunikasi di Kota Hudaydah, menyebabkan terputusnya internet dan telekomunikasi internasional di Yaman selama beberapa hari.

Sementara itu, beberapa jet tempur AS telah tiba di UEA pada Sabtu lalu sebagai respon AS atas permohonan bantuan kepada UEA dalam upaya menghadapi serangan rudal dan drone Yaman yang dilancarkan sebagai reaksi atas keterlibatan UEA dalam invasi militer Saudi di Yaman.

Pada bulan lalu dan di awal bulan ini, pasukan Yaman kubu Sanaa melancarkan serangan drone ke beberapa lokasi vital di UEA dalam operasi militer bersandi Badai Yaman 1, 2 dan tiga. (mm/almasirah)

Baca juga:

Pemimpin Ansharullah: Sekutu Koalisi Saudi adalah Sekutu AS-Israel

Ansharullah: Koalisi Saudi Kian Brutal, Tapi Juga Kian Limbung

DISKUSI: