[Video]: Barak Militer Saudi dan Sekutunya Berkedok Kamp Pengungsi di Ma’rib

0
731

Marib, LiputanIslam.com –   Sebuah video beredar dari Yaman berkenaan dengan apa yang belakangan ini dinyatakan oleh Ansarullah (Houthi) sebagai tindakan pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi menjadikan kamp pengungsi di sekitar kota Ma’rib sebagai tameng dalam pertempuran dengan pasukan kubu Sanaa (tentara Yaman dan para pejuang Ansarullah).

Video amatir yang beredar sejak Kamis (1/4) itu tampak diambil oleh seorang pria di dekat sebuah kamp pengungsi.

“Inilah apa yang mereka klaim sebagai kamp pengungsi, padahal ini tak lain adalah barak-barak militer, dan lihat itu mereka kabur dengan peralatan militernya. Mereka kabur, mereka kabur, ” bunyi suara dalam video itu ketika kameranya menyorot lokasi pertendaan di mana sebuah kendaraan militer tampak bergerak cepat di tengah suara dentuman dan kecamuk senjata.

Beberapa sumber di lapangan pada hari itu melaporkan adanya kemajuan baru pasukan Sanaa di provinsi Ma’rib, tepatnya di kawasan Sirwah di barat kota Ma’rib.

Di tengah kemajuan itu salah seorang pemuka adat Ma’rib yang bersekutu dengan pasukan koalisi mengatakan bahwa kota Ma’rib berkemungkinan jatuh ke tangan pasukan Sanaa dalam beberapa ke depan.

Sehari sebelumnya, kepala delegasi perunding Pemerintahan Keselamatan Nasional Yaman yang berafiliasi dengan gerakan Ansarullah dan berbasis di Sanaa, Mohammad Abdulsalam, menyatakan bahwa pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi menampung kawanan teroris di kamp pengungsi di Yaman.

Abdulsalam di halaman Twitternya menyebut bahwa para antek bayaran Saudi telah menempatkan kawanan teroris Al-Qaeda dan ISIS di kamp-kamp pengungsi setelah banyak posisi mereka di Ma’rib jatuh ke tangan kubu Sanaa. 

Sementara itu, jubir Angkatan Bersenjata Yaman, Brigjen Yahya Saree, Jumat dini hari melaporkan pihaknya telah melancarkan serangan ke Pangkalan Udara King Khalid dan Kamis Mushait, Arab Saudi, dengan menggunakan dua drone jenis Qasif K2.

Dia menegaskan bahwa serangan ini tak lain merupakan respon atas semakin meningkatnya agresi dan berlanjutnya blokade Saudi dan sekutunya terhadap Yaman. (mm/mna/almayadeen/fna)

Baca juga:

Ansarullah Rilis “Hiroshima Yaman”, Dokumen Pesta Kejahatan Saudi dan Sekutunya

Ansarullah: Koalisi Saudi Tampung Kawanan Teroris di Kamp Pangungsi

DISKUSI: