Video: AU Iran Terima Tiga Jet Tempur Buatan Dalam Negeri

0
356

Teheran, LiputanIslam.com –  Angkatan Udara (AU) Iran menerima tiga pesawat tempur Kowsar buatan dalam negeri dan dikembangkan oleh Organisasi Industri Penerbangan Iran (IAIO), saat negara ini terus meningkatkan kemampuan tempur udaranya.

Kementerian Pertahanan Iran, Kamis (25/6/2020),  merilis sebuah video yang memperlihatkan tiga unit jet tempur terbang ketika berlangsung upacara serah terima yang dihadiri Menteri Pertahanan Amir Hatami, komandan Angkatan Bersenjata Mayjen Abdolrahim Mousavi, komandan AU  Brigjen Aziz Nasirzadeh, dan beberapa petinggi Iran lain.

Dalam kata sambutan upacaranya, Hatami mengatakan, ” Meski dikenai sanksi terus-menerus selama 40 tahun, Iran berhasil mencapai kekuatan pencegah yang tak dapat diremehkan.”

Dia menegaskan negaranya tidak akan menerima persetujuan dari “Amerika dan lain-lain dalam mengembangkan dan memperluas kemampuan pertahanan. ”

Pada September 2029 Iran meluncurkan jet tempur Kowsar yang dilengkapi dengan avionik (penerbangan elektronik) dan sistem pengendalian tembakan.

Jet tempur ini diresmikan dalam upacara di Teheran yang dihadiri oleh Presiden Hassan Rouhani, yang telah memerintahkan terbang kepada pilot jet tempur.

Jet tempur baru itu menggunakan generasi keempat jaringan digital militer dan dilengkapi dengan sistem head-up display (HUD) untuk optimalisasi presisi senjata, radar canggih dan multi-guna untuk pengendalian tembakan guna meningkatkan presisi pelacakan target dan ancaman, dan sistem navigasi presisi tinggi.

Kowsar dapat diproduksi dalam dua tipe kokpit tunggal dan kokpit ganda. Tipe kedua dapat digunakan untuk melatih pilot, selain menikmati kemampuan tempur.

Baca: Akan Dibekali Perlengkapan Militer Baru, Tentara Iran Beri Peringatan Keras lagi kepada AS

Menurut pejabat para Iran, Kowsar merupakan jet tempur supersonik yang berbeda  dengan pesawat latih Kosar 88 yang diluncurkan pada April 2017.

Petinggi Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Mohammad Hossein Dadras September lalu mengumumkan bahwa Kowsar sudah ditempatkan pada lini produksi massal.

Baca: Iran Kirim Armada ke Berbagai Perairan Internasional untuk Keamanan Kapal-Kapalnya

“Kementerian pertahanan, bekerjasama dengan Angkatan Udara, memproduksi jet tempur ini secara massal,” katanya. (mm/fna/amn/rtarabic)

DISKUSI: