Iran Kirim Armada ke Berbagai Perairan Internasional untuk Keamanan Kapal-Kapalnya

0
153

Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil Komandan Angkatan Laut (AL) Iran Laksamana Muda Gholamreza Tahani menyatakan pihaknya mengirim armada kapal perangnya ke berbagai perairan internasional untuk menjamin keamanan navigasi kapal tanker dan kargonya.

“Armada operasional kapal perang kami dikerahkan di perairan bebas di seluruh dunia untuk mengamankan navigasi para pelaut,” ungkap Tahani, Rabu (24/6/2020).

Dia menegaskan besarnya kekuatan dan solidnya tekad AL Iran dalam penunaian misinya.

Tahani menyatakan demikian ketika kapal keenam Iran yang mengangkut bahan makanan dan pasokan medis berlabuh di pelabuhan La Guayra di Venezuela untuk membantu negara Amerika Latin ini memerangi pandemi virus corona (Covid-19) meskipun mendapat penentangan dan ancaman dari Amerika Serikat (AS).

Kapal Golsan yang telah meninggalkan Iran lebih dari sebulan lalu sudah tiba di Venezuela, dan menjadi kapal keenam yang mendatangi Venezuela tanpa menggubris ancaman AS.

Sebelumnya dilaporkan kapal berbendera Iran itu meninggalkan pelabuhan Bandar Abbas pada pertengahan Mei dan sekarang sudah berada di perairan teritorial Venezuela.

Baca: Eksis di Laut Lepas, Pasukan Iran akan Bangun Pangkalan Militer Permanen di Samudera Hindia

Duta Besar Iran untuk Venezuela, Hojjat Soltani, di halaman Twitter-nya, pada Ahad lalu menyebutkan bahwa Golsan membawa bahan makanan dan pasokan medis untuk penanggulangan pandemi Covid-19 di Venezuela.

Pada awal bulan ini, lima tanker minyak Iran membawa jutaan barel bensin dan komponen merapat ke Venezuela yang menderita krisis bahan bakar minyak, dan kini lima kapal itu berada dalam perjalanan pulang ke Iran.

Baca: Pesawat Iran Peringatkan Kapal Perang AS untuk Tidak Cegat Kapal Tanker Iran

Presiden Venezuela Nicolás Maduro berterima kasih atas dukungan Iran, dan menekankan bahwa Caracas dan Teheran sama-sama menginginkan perdamaian, dan berhak untuk melakukan perdagangan bebas. (mm/fna)

DISKUSI: