[Video] 200-an Orang Palestina Terluka di Quds, Iran Kutuk  “Kejahatan Perang” Israel

0
319

Beirut, LiputanIslam.com –   Kemlu Iran menyebut insiden yang terjadi di kota Quds (Yerussalem) pada hari Jumat (7/5) sebagai “kejahatan perang”, dan menyerukan kepada masyarakat internasional agar bergerak secepatnya untuk menghentikan pelanggaran terhadap hak yang paling mendasar dalam hukum humaniter internasional.

Jubir Kemlu Iran Saeed Khatibzadeh, Sabtu (8/5), mengatakan bahwa Israel melakukan “aksi-aksi beringas di Masjid Al-Aqsa pada hari Jumat terakhir bulan suci Ramadhan dan Hari Quds Sedunia” dan “kejahatan perang, yang untuk kesekian kalinya membuktikan kepada dunia watak jahat rezim ilegal Zionis ini”.

Dia menambahkan, “kejahatan Rezim Zionis ini mengkonfirmasi keharusan adanya gerakan internasional secepatnya untuk menghentikan pelanggaran terhadap prinsip paling sederhana hukum humaniter internasonal.”

Khatibzadeh menyebut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan berbagai organisasi internasional lain memikul tanggungjawab untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan.

Jubir Kemlu Iran lantas menegaskan bahwa negara republik Islam ini mendukung bangsa Palestina dengan penuh rasa bangga, dan menyerukan kepada segenap negara dunia, terutama negara-negara Islam, untuk menunaikan kewajiban sejarahnya.

Kota suci Quds, terutama di Masjid Al-Aqsa, pada Jumat malam diwarnai bentrokan sengit antara warga Palestina dan pasukan Israel hingga sebanyak 205 orang menderita luka, terutama di bagian wajah dan mata.

Bentrokan itu terjadi menyusul upaya otoritas Israel menggusur warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah yang merupakan kampung halaman mereka dari generasi ke generasi. Selain itu, pasukan Zionis juga menimbulkan kesulitan pada jemaah shalat di Masjid Al-Aqsa sejak masuk bulan suci Ramadhan tahun ini. (mm/raialyoum)

Baca juga:

[Video] Hari Quds, Pesan Lengkap Ayatullah Khamenei dengan Bahasa Arab kepada Para Pemuda Arab

Dua Orang Palestina Gugur Ditembak Pasukan Zionis di Tepi Barat

DISKUSI: