[Video] Mencekam, Masjid Al-Aqsa Jadi Ajang Kebrutalan Pasukan Israel, 305 Orang Palestina Terluka

0
746

Quds, LiputanIslam.com –   Pasukan Israel menyerbu komplek dan halaman Masjid Al-Aqsa serta melepaskan tembakan peluru karet, granat kejut dan gas air mata terhadap para jemaah Palestina, Senin pagi waktu setempat (10/5/2021).

Lembaga Bulan Sabit Merah Palestina menyatakan pihaknya telah menangani 305 korban luka kekerasan pasukan Rezim Zionis Israel terhadap warga Palestina di komplek dan di dalam bangunan-bangunan Masjid Al-Aqsa.

Dalam siaran persnya, Senin, lembaga itu menyebutkan bahwa pasukan Zionis berusaha mencegah masuknya tim medis ke komplek Al-Aqsa, sementara di dalamnya ada ratusan korban luka yang sebagian di antaranya parah, termasuk di bagian wajah dan mata, serta banyak korban yang menderita sesak nafas.

“Ada empat korban luka yang sangat parah, 13 orang terkena di bagian mata, dan korban lainnya ringan dan sedang,” ungkap lembaga itu.

Sedikitnya 228 korban telah dilarikan dari Gerbang Al-Asbat ke beberapa rumah sakit di kota Quds dan beberapa korban lagi terhalang oleh tindakan pasukan Zionis ketika hendak dilarikan ke rumah sakit.

Dikutip kantor berita Palestina, Wafa, Kepala Pengurus Masjid Al-Aqsa, Seikh Omar al-Kiswani mengatakan, “Pasukan pendudukan menyerang Masjid Al-Aqsa secara brutal, belum pernah terjadi sebelumnya, dan terencana sebelumnya. Pasukan pendudukan juga menyerang jemaah Musholla Al-Qibla Masjid Al-Aqsa, Musholla Bab Al-Rahmah, dan Kubah Al-Sakhra serta mengeluarkan jemaah shalat darinya.”

Al-Kiswani menambahkan, “Serangan terhadap Masjid Al-Aqsa (seperti) ini belum pernah terjadi sebelumnya, korban luka ratusan orang. Dunia harus campur tangan mencegah agresi rezim pendudukan yang berkelanjutan terhadap Masjid Al-Aqsa.”

Sebelumnya, badan wakaf Islam Palestina menyatakan, “Pasukan pendudukan menyerbu komplek Masjid secara brutal dan mengejutkan secara tanpa sebab, dan mencegah tim medis mengevakuasi para korban dari lokasi peristiwa.”

Anggota Komisi Pusat Gerakan Fatah Palestina Hussain al-Sheikh mengatakan, “Para pemimpin Palestina sedang mempelajari semua opsi untuk bereaksi terhadap agresi pasukan pendudukan Israel terhadap tempat-tempat suci dan warga di Masjid Al-Aqsa yang diberkahi.”

Dia menilai serbuan pasukan Zionis ke komplek Al-Aqsa hingga ke dalam bangunan-bangunan yang ada di sana sebagai “kejahatan yang brutal”. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Lagi, 100 Warga Palestina Terluka dalam Serangan Zionis di Masjid Al-Aqsa

Makin Rawan, Jet Tempur Israel Serang Posisi Hamas di Jalur Gaza

DISKUSI: