Makin Rawan, Jet Tempur Israel Serang Posisi Hamas di Jalur Gaza

0
478

Gaza, LiputanIslam.com –   Rezim Zionis Israel telah menyerang posisi Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) di Jalur Gaza pada dini hari Ahad (9/5) ketika daerah dekat pagar pemisah Gaza-Israel (Palestina pendudukan 1948) dilanda aksi protes anti-Israel terkait dengan ketegangan situasi di Quds.

Sumber-sumber Palestina menyatakan bahwa jet tempur Israel membom pos pantau Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas, di pinggiran Jalur Gaza hingga menimbulkan kerusakan namun tak ada korban jiwa maupun luka.

Militer Israel menyatakan bahwa pemboman itu dilakukan sebagai balasan atas penembakan roket buatan lokal dari Jalur Gaza ke sebuah kawasan terbuka di selatan Israel tanpa menimbulkan kerusakan maupun korban.

Tak ada kelompok Palestina yang mengaku bertanggungjawab atas penembakan roket itu, yang terjadi menyusul insiden bentrokan yang menjatuhkan puluhan korban luka warga Palestina di Masjid Al-Aqsa, Quds, pada Sabtu malam.

Komisi Pusat Gerakan Fatah yang dipimpin Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam siaran persnya menyatakan bahwa Quds merupakan “unsur pemersatu semua orang Palestina dan gelanggang konflik mereka dengan rezim pendudukan dan semua simbolnya.”

Komisi itu menyerukan perlawanan terhadap “pasukan dan pemukim Zionis serta organisasi-organisasi teroris yang bekerja dengan dukungan pemerintahan fasis kanan Israel”.

Faksi-faksi Palestina di Gaza memutuskan untuk mengaktifkan aksi kelompok-kelompok yang dikenal dengan sebutan “Alat Kasar”dekat pagar pembatas Gaza-Israel. Aksi itu mencakup pelepasan bom balon ke arah permukiman Zionis yang berdekatan dengan Gaza serta unjuk rasa malam hari dekat pagar pembatas.

Media Israel mengaku telah memantau 12 titik kebakaran sejak Ahad pagi di berbagai kawasan terbuka di selatan Israel akibat pelepasan bom balon dari Jalur Gaza.

Sebelumnya, Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza menyerukan pengaktifan secara menyeluruh “titik-titik perlawanan  terpadu” terhadap Israel di semua kawasan  Palestina.

“Agresi rezim pendudukan Israel yang berkelanjutan menuntut suatu sikap nasional yang menyeluruh dengan mengaktifkan titik-titik perlawanan terpadu,” seru Hamas dalam siaran persnya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Lagi, 100 Warga Palestina Terluka dalam Serangan Zionis di Masjid Al-Aqsa

Video] Jumat Berdarah di Masjid Al-Aqsa, 200-an Orang Terluka

DISKUSI: