Lagi, 100 Warga Palestina Terluka dalam Serangan Zionis di Masjid Al-Aqsa

0
270

Quds, LiputanIslam.com –   Bentrokan sengit antara warga Palestina dan pasukan Rezim Zionis Israel masih terus mengeruhkan situasi komplek Masjid Al-Aqsa di kota Quds (Yerussalem) yang diduduki oleh Israel.

Tak kurang dari 100 orang dilaporkan terluka dalam kelanjutan aksi kekerasan pasukan Zionis pada hari Ahad (9/5).  Pasukan Israel menambah personilnya yang masuk ke komplek Al-Aqsa ketika bentrokan terjadi pada Ahad dini hari.

Jami’yyah Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan  10 orang terluka akibat serangan yang dilakukan di dalam masjid pada dini hari, satu di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena terkena tembakan peluru karet di bagian mulut, sedangkan beberapa lainnya diobati di lapangan, termasuk lima orang yang diterjang peluru karet Zionis di bagian kepala dan empat orang lainnya pada bagian kaki dan tangan.

Anadolu melaporkan, “Puluhan ribu jemaah menunaikan shalat Subuh, dan kemudian ribuan di antara mereka berkonsentrasi dekat Musholla Al-Qibla sembari memekikkan slogan-slogan anti rezim pendudukan.”

Bentrokan bermula dari Gerbang Al-Asbat dan kemudian menjalar ke dalam komplek Al-Aqsa di mana pasukan Zionis meringsek masuk dalam jumlah besar dan melepaskan peluru karet, gas air mata dan bom kejut.

Sebelum itu, 90 orang Palestina terluka dalam bentrokan di sekitar Gerbang Al-Amoud, salah satu gerbang Al-Aqsa, dan sebanyak 16 orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit.

Tragisnya lagi, menurut Jami’yyah Bulan Sabit Merah, korban luka antara lain adalah bayi berusia satu tahun dan lima anak lain serta satu anggota regu ambulan.

“Kebanyakan korban terkena peluru karet dan bom kejut secara langsung serta pemukulan,” ungkap lembaga swadaya Palestina tersebut.

Dilaporkan pula bahwa satu kepala keluarga terluka dan empat anaknya menderita trauma setelah terkena bom kejut yang dilepaskan oleh pasukan Zionis.

Kantor Wakaf Islam Al-Aqsa menyebutkan bahwa pada hari Sabtu lalu sebanyak lebih dari 90 orang Palestina berkumpul di Masjid Al-Aqsa untuk mengikuti kegiatan ibadah pada Malam Qadar meskipun polisi Israel melakukan pembatasan ketat.

Jumat malam lalu bentrokan sengit juga melanda komplek Al-Aqsa hingga menjatuhkan korban luka sebanyak 205 orang.

Sejak awal bula suci Ramadhan kota Quds kerap diwarnai kerusuhan akibat serangan polisi dan pemukim Zionis terhadap warga Palestina, terutama di sekitar Gerbang Al-Amoud dan lingkungan Sheikh Jarrah. (mm/raialyoum)

Baca juga:

[Video] Kebakaran Besar Dekat Pabrik Senjata di Israel

[Video] 200-an Orang Palestina Terluka di Quds, Iran Kutuk  “Kejahatan Perang” Israel

DISKUSI: