[Video]: Iran Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit Berbahan Bakar Padat Terkuat

0
514

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran berhasil meluncurkan roket pengangkut satelit terkombinasi bernama “Zol-Janah” di tengah kekhawatiran Amerika Serikat (AS) dan negara-negara sekutunya di Barat dan Timur Tengah terhadap proyek rudal balistik dan nuklir negara republik Islam tersebut.

Juru bicara Divisi Antariksa Kementerian Pertahanan Iran, Ahmad Hosseini, Senin (1/2), menyatakan bahwa Iran telah meluncurkan roket pengorbit satelit berkombinasikan tiga tahap dan dilengkapi dengan mesin bahan bakar padat “terkuat yang ada di negara ini.

Dia menjelaskan bahwa roket itu memiliki dua tahap berpendorong  padat dan satu tahap lagi berpendorong cair dengan kemampuan membawa satelit berbobot hingga 220 kilogram pada orbit setinggi 500 kilometer.

Hosseini menambahkan bahwa roket pembawa satelit itu dilengkapi dengan mesin bahan bakar padat paling kuat di negara ini dengan daya dorong lebih dari 750 ton, yang tercatat sebagai salah satu pencapaian terpenting dari eksperimen luar angkasa ini.

Menurut Hosseini, roket pengorbit satelit ini dapat digunakan pada platform bergerak,  dirancang untuk memangkas biaya, dan akan dapat menempatkan satelit operasional di orbit setelah uji riset dilakukan.

Pada April 2020 Iran juga telah mengorbitkan satelit militer pertamanya setelah beberapa kali gagal meluncurkannya pada beberapa bulan sebelumnya.

AS dan para sekutunya khawatir teknologi rudal balistik jarak jauh yang dipakai untuk mengorbitkan satelit itu juga bakal digunakan Iran untuk peluncuran rudal berhulu ledak nuklir, namun Iran berulangkali membantah tuduhan berambisi nuklir untuk tujuan militer. (mm/mna/alalam)

Baca juga:

Diminta AS Kembali ke Perjanjian Nuklir, Iran Nyatakan Tak Pernah Keluar darinya

Demi Enyahkan AS dari Afghanistan, Delegasi Taliban Berkunjung ke Iran

DISKUSI: