Zakharova Minta Barat Umumkan ‘Jadwal Invasi Rusia’

0
270

Moskow,LiputanIslam.com-Jubir Kemenlu Rusia, Maria Zakharova menanggapi klaim-klaim media Barat tentang “rencana serangan Rusia ke Ukraina.” Zakharova mengunggah statemen sarkastis, yang meminta media-media Barat “mengumumkan dan memublikasikan program tahunan invasi Rusia.’

“Kami meminta dari media-media pendusta AS dan Inggris, termasuk Bloomberg, New York Times, Sun, dan selainnya, untuk memublikasikan jadwal serangan Rusia dalam satu tahun ke depan,”tulis Zakharova di kanal Telegram-nya.

“Saya ingin mengatur rencana cuti saya,”sindirnya menjelaskan penyebab permintaaannya di atas.

Dalam beberapa hari terakhir, AS dan NATO menyebar gelombang rumor dan klaim tak berdasar bahwa Rusia “akan menyerang Ukraina pada 15 Februari”, yang ternyata tidak pernah terjadi.

Sejumlah negara menyambut baik pengumuman Rusia yang memulangkan sebagian pasukannya setelah latihan militer mereka berakhir. Namun Washington masih ngotot mengumbar keyakinan bahwa kemungkinan invasi masih belum lenyap.

Jubir Gedung Putih, Jennifer Psaki, dalam jumpa pers Rabu kemarin mengklaim, salah satu alasan bisa saja dibuat-buat Rusia untuk menyerang Ukraina adalah laporan tentang adanya kuburan massal di Dunbass.

“Kita berada dalam kondisi yang kita yakini bahwa sebuah serangan bisa dilakukan kapan saja,” klaim Psaki.

“Pasukan Rusia masih berada di perbatasan dengan cara yang mengancam. Kita akan melihat jika memang ada pengurangan eskalasi yang bermakna. AS menuntut pengurangan jumlah pasukan Rusia di perbatasan Ukraina yang bisa dikonfirmasi,”ujarnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Dubes Rusia Cibir Klaim AS Soal Serangan ke Ukraina saat Olimpiade

Rusia Anggap Iran Lebih dari Sekadar Mitra

DISKUSI: