Zakharova: Dukungan Turki terhadap Teroris di Idlib Melanggar Kesepakatan Moskow-Ankara

0
8

Moskow,LiputanIslam.com-Jubir kemenlu Rusia kembali mengkritik statemen-statemen pedas pejabat Turki terkait Idlid. Maria Zakharova berpendapat, serangan ke basis-basis tentara Suriah adalah pelanggaran perjanjian Sochi.

Dilansir oleh kantor berita TASS, Zakharova secara terbuka menyebut dukungan Turki terhadap milisi dan kelompok bersenjata di Idlib sebagai pelanggaran kesepakatan Moskow-Ankara.

“Pada 20 Februari dilaporkan bahwa kelompok teroris melancarkan sejumlah serangan besar ke basis-basis tentara Suriah di kawasan de-eskalasi Idblib,”kata Zakharova.

Jubir kemenlu Rusia lalu menyinggung peran Turki dalam serangan-serangan tersebut. Dia mengatakan,”Aksi kelompok-kelompok bersenjata itu didukung oleh serangan meriam tentara Turki. Tujuannya adalah membantu teroris menembus pertahanan tentara Suriah.”

Zakharova lalu menyinggung balasan Rusia terhadap serangan-serangan tersebut dan dukungannya untuk tentara Suriah.

“Pasukan dirgantara Rusia melancarkan sejumlah serangan terhadap teroris untuk menghalangi masuknya teroris ke kawasan yang dikuasai pasukan Suriah. Campur tangan Rusia ini membuat Suriah sanggup menahan serangan,”kata Zakharova.

Dia juga mengecam ketegangan yang ditimbulkan Turki di Idlib. Moskow, kata Zakharova, sangat mengkhawatirkan bantuan militer Turki kepada kelompok teroris.

“Ini menunjukkan pelanggaran atas kesepakan Rusia-Turki untuk membedakan kelompok oposisi bersenjata dari para teroris, menciptakan sebuah kawasan aman dari senjata, dan juga mengurangi bahaya provokasi di salah satu wilayah Suriah ini,”lanjutnya.

Turki pada hari ini melancarkan serangan atas tentara Suriah di kawasan Nayrab (30 km dari ibukota provinsi Idlib). Serangan ini dilakukan untuk merespon kritik bahwa Ankara tidak mendukung “kelompok oposisi moderat.”

Serangan ini dilakukan bersama dengan sejumlah kelompok bersenjata, termasuk Jabhat al-Nusra. Berdasarkan berita terakhir, tentara Suriah dikabarkan sukses membendung serangan-serangan tersebut. (af/fars)

Baca Juga:

Bloomberg: Turki Minta Bantuan AS untuk Hadapi Rusia di Idlib

Mesir Bangun Dinding Pembatas dengan Gaza

 

DISKUSI:
SHARE THIS: