Bloomberg: Turki Minta Bantuan AS untuk Hadapi Rusia di Idlib

0
216

Ankara, LiputanIslam.com –  Kantor berita Bloomberg mengutip keterangan pejabat tinggi Turki di Ankara bahwa negara ini meminta bantuan pengerahan dua sistem pertahanan udara jenis Patriot kepada AS untuk menghadapi AU Rusia di Provinsi Idlib, Suriah.

“Turki meminta AS mengerahkan dua baterai sistem Patriot di perbatasan selatan Turki untuk menjamin keleluasaan proses serangan balasan untuk setiap serangan mendatang pasukan rezim Suriah yang didukung AU Rusia,” ungkap narasumber anonim Turki itu, Kamis (20/2/2020).

Dia menjelaskan bahwa Turki dapat menggunakan jet-jet tempur F-16 untuk menyerang Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya di Idlib jika sistem Patriot dikerahkan di kawasan Hatay di perbatasan Turki-Suriah.

Baca: Perang di Idlib, 27 Orang Tewas, 10 Kendaraan Lapis Baja Turki Hancur

Sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu menambahkan bahwa Ankara belum menerima tanggapan dari Washington terkait dengan permohonan yang telah diserahkan kepada Utusan AS untuk Suriah, James F. Jeffrey, pada pekan lalu tersebut.

Baca: Turki Ancam Segera Serang Tentara Suriah, Rusia Beri Peringatan

Kedutaan Besar AS untuk Turki di Ankara enggan berkomentar mengenai pernyataan petinggi anonim Tukri tersebut. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI: