Mesir Bangun Dinding Pembatas dengan Gaza

0
117

Gaza, LiputanIslam.com–Mesir mulai membangun dinding beton di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza yang diblokade. Demikian laporan dari pejabat keamanan gerakan perlawanan Hamas.

Dinding ini akan membentang dari ujung tenggara Gaza ke persimpangan Rafah, satu-satunya pintu perbatasan antara Mesir dan Gaza.

Laporan ini muncul setelah delegasi keamanan dari Mesir yang dipimpin oleh Jenderal Ahmed Abdel Khalek mengunjungi Gaza pada 10 Februari lalu. Mereka bertemu dengan para pemimpin Hamas dan melakukan perjalanan ke sepanjang perbatasan Mesir-Gaza.

Pekan lalu, ahli urusan keamanan di Kemenlu Gaza, Mohammed Abu Harbeed, mengatakan kepada Al-Monitor bahwa pembangunan dinding ini telah dikoordinasikan dengan Hamas dan kemenlu. “[Dinding ini] didesain untuk menjaga keamanan yang lebih baik dari [kedua] sisi perbatasan,” imbuhnya.

Dinding ini dibangun sejajar dengan pembatas batu tua yang membawahi struktur terowongan penyelundupan bawah tanah antara kedua wilayah.

Israel telah membatasi pergerakan masuk dan keluar warga Palestina dari Jalur Gaza sejak awal 1990-an. Pembatasan ini semakin intensif pada Juni 2007, ketika Tel Aviv memberlakukan blokade total di kawasan itu. Akibatnya, hampir dua juta warga Gaza tidak memiliki akses mudah ke dunia luar. Kondisi ekonomi dan sosial di sana pun semakin buruk dari hari ke hari. (ra/presstv)

 

DISKUSI: