Yaman Ucapkan Selamat atas Kesuksesan Misi Drone Hizbullah

0
460

Sanaa,LiputanIslam.com-Anggota Dewan Tinggi Politik Yaman, Muhammad Abdussalam dalam pesannya menyampaikan selamat terhadap Hizbullah, yang sukses menjalankan misi pengintaian dengan drone di Tanah Pendudukan.

“Kami mengucapkan selamat kepada perlawanan Islam Hizbullah di Lebanon atas keberhasilan operasi terbaru di dalam wilayah Palestina Pendudukan,”cuit Abdussalam.

Kesuksesan misi drone Hizbullah ini pun ditanggapi oleh pakar militer dan analis Mesir, Mayjen Samir Raghib. Dalam wawancara dengan stasiun televisi Russia Today, ia menyatakan bahwa hal ini menandakan kelemahan sistem pertahanan udara Israel.

“Sistem Iron Dome Israel gagal mencegat drone-drone Hizbullah. Hal inilah yang memaksa Israel mengerahkan helikopter tempur untuk menghadangnya dan berusaha merontokkannya dengan rudal udara ke udara,”tutur Raghib.

“Semua upaya untuk mencegat drone-drone Hizbullah telah gagal. Kemungkinan besar rudal-rudal itu dan rudal Iron Dome akhirnya jatuh menghantam tanah sehingga meledak dan menimbulkan asap.”

Mayjen Raghib berpendapat, jatuhnya rudal-rudal, suara ledakan, dan membubungnya asap memicu tersebarnya kabar-kabar kontradiktif tentang jatuhnya sebuah pesawat. Namun drone itu sukses kembali ke pangkalannya di selatan Lebanon dengan selamat.

Menurut pakar Mesir ini, sistem pertahanan udara Israel menghadapi tantangan-tantangan baru untuk membendung drone-drone Hizbullah.“Kembalinya drone Hizbullah ke pangkalannya tanpa tersentuh oleh sistem pertahanan multifungsi Israel, termasuk Iron Dome, menandakan kegagalan sistem pertahanan Israel untuk menghadapi rudal dan drone-drone pejuang Palestina,”tandas Raghib. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Drone Hizbullah Masuk Selama 40 Menit, Militer Israel Akui Gagal Menjatuhkannya

Hizbullah Tuding AS dan Saudi Intervensi Pemilu Lebanon

DISKUSI: