Yaman Rilis 4 Sistem Pertahanan Udara Baru

0
196

Sanaa,LiputanIslam.com-Ketua Dewan Tinggi Politik Yaman pada hari ini (Minggu 23/2) merilis 4 sistem pertahanan udara baru.

Mengutip dari al-Masirah, 4 sistem pertahanan udara itu adalah Thaqib 1, Thaqib 2. Thaqib 3, dan Fatir 1. Semuanya dipamerkan dalam pameran Syahid Abdul Aziz al-Hamharam.

Mahdi al-Mashat mengatakan, sistem-sistem pertahanan udara ini dilengkapi dengan teknologi modern dan telah diuji coba dengan sukses. Sistem-sistem tersebut juga telah berhasil merontokkan sejumlah besar jet atau nirawak pengintai musuh.

Dalam pameran itu, al-Mashat menyaksikan film dokumenter terkait tahap-tahap pengembangan sistem-sistem pertahanan udara itu sejak dimulainya agresi koalisi Saudi. Dia mengapresiasi jerih payah kementerian pertahanan dan kepala staf gabungan di berbagai bidang.

“Capaian ini adalah implementasi janji pemimpin revolusi, Sayyid Abdul Malik al-Houthi, terkait penguatan dan pengembangan kemampuan defensif Yaman. Seperti ditegaskan beliau, tahun ini adalah tahun pertahanan udara,”tandas al-Mashat.

“Sistem-sistem pertahanan udara baru ini akan mengubah arah perang. Ini merupakan pembuka bagi sistem-sistem pertahanan yang lebih modern dan efektif untuk menyasar target-target musuh,”imbuhnya.

Yahya Saree (jubir angkatan bersenjata Yaman) mengumumkan, detail tentang karakteristik dan kemampuan sistem-sistem pertahanan udara ini akan dipaparkan sore hari ini waktu setempat.

Hingga kini, pejuang Yaman sukses merontokkan puluhan nirawak mata-mata dan pengintai koalisi Saudi. Pada 15 Februari lalu, tentara Yaman berhasil menembak jatuh jet Tornado milik Saudi di angkasa provinsi al-Jauf.

Sejak agresi pada akhir Maret 2015, angkatan udara Saudi telah kehilangan 12 jet tempurnya di perang Yaman. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Pasukan Yaman Gempur Lagi Fasilitas Minyak Aramco Arab Saudi

Aktivis Pro-Assange Tayangkan Rekaman Skandal Militer AS di Dinding Parlemen Inggris

DISKUSI: