Pasukan Yaman Gempur Lagi Fasilitas Minyak Aramco Arab Saudi

0
129

Kerusakan pada fasilitas minyak Aramco di Abqaiq dan Khurais, Saudi, akibat serangan pasukan Yaman pada 14 September 2019.

Sanaa, LiputanIslam.com –  Angkatan bersenjata Yaman kembali menggempur fasilitas minyak  Aramco milik Arab Saudi serta beberapa target strategis lain di negara kerajaan ini, Jumat (21/2/2020).

Juru bicara angkatan bersenjata Yaman, Brigjen Yahya Saree, dalam konferensi pers Sanaa, ibu kota Yaman, menyatakan bahwa pada hari itu operator rudal bersama dengan unit pertahanan udara Yaman telah melancarkan serangan bersandi  ‘Operasi ke-3 Keseimbangan Pencegahan’, dengan sasaran fasilitas minyak serta situs-situs sensitif lain di kota pelabuhan Yanbu yang terletak sekitar 165 kilometer barat kota Madinah.

Saree menjelaskan bahwa pasukan Yaman mengerahkan satu skuadron yang terdiri dari 12 pesawat tempur Sammad-3 serta beberapa rudal balistik jarak jauh dan bersayap untuk menyerang sasaran-sasaran penting.

Dia menegaskan bahwa angkatan bersenjata Yaman berhak melawan dan membalas kejahatan aliansi militer pimpinan Saudi terhadap bangsa Yaman.

Diketahui bahwa kejahatan terbaru aliansi Saudi-Uni Emirat Arab (UEA) di Yaman  ialah serangan udara yang menewaskan lebih dari 30 warga sipil dan melukai beberapa lainnya di provinsi Jawf, Yaman utara.

Baca: Tewaskan Puluhan Warga Sipil, Serangan Udara Aliansi Saudi-UEA Dikecam PBB

Serangan terhadap fasilitas minyak Aramco juga pernah dilancarkan pasukan Yaman hingga menyebabkan kebakaran hebat di Abqaiq dan Khurais, Saudi, pada 18 September 2019.

Saat itu Saree menegaskan, “Pasukan kami telah mencapai tingkat efisiensi dan kemampuan yang tinggi. Mereka dapat memproduksi berbagai jenis pesawat nirawak dalam waktu singkat. ‘Operasi ke-2 Keseimbangan Pencegahan’ yang menyasar instalasi minyak Saudi merupakan contoh sempurna kemampuan pasukan kami dalam perencanaan dan implementasi.”

Baca: Dua Pilot Jet Tempur Saudi yang Tertembak Jatuh di Yaman Belum Jelas Nasibnya

Di pihak lain, Saudi mengaku telah mencegat beberapa rudal balistik pasukan Yaman, Jumat. Jubir pasukan koalisi Saudi-UEA Kol. Turki al-Maliki, menyatakan bahwa pasukan “Houthi yang bersekutu dengan Iran” telah menembakkan beberapa rudal dari Sanaa pada pukul 03.00, seperti dilansir kantor berita resmi Saudi, SPA, tanpa keterangan lebih lanjut. (mm/presstv/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: