Wakil MI6 Inggris Temui Mantan Pemimpin Jabhat al-Nusra

0
235

London,LiputanIslam.com-Menukil dari sebuah sumber diplomatik, kantor berita TASS mengungkap bahwa Jubir Badan Intelijen Inggris (MI6) Jonathan Powell telah bertemu dengan mantan Pemimpin kelompok teroris Jabhat al-Nusra, Abu Muhammad al-Jaulani. Dalam pertemuan tersebut, Powell menawari al-Jaulani untuk bekerjasama dengan Barat.

Menurut kantor berita Rusia ini, topik utama pertemuan itu adalah dihapusnya nama Jabhat al-Nusra dari daftar kelompok teroris yang disusun PBB. Kedua belah pihak juga sepakat untuk membuat jalur komunikasi permanen.

Sumber TASS mengatakan, pihak Inggris dalam pertemuan itu meminta dari al-Jaulani untuk “menghentikan aktivitas sabotase” atas negara-negara Barat dan bekerjasama dengan mereka. Sebagai imbalan, nama Jabhat al-Nusra akan dihapus dari daftar kelompok teroris.

Al-Jaulani juga diminta untuk menciptakan citra positif bagi al-Nusra dengan cara melakukan wawancara dengan salah satu harian AS, yang akan difasilitasi oleh AS dan Inggris.

Sebelum ini, al-Jaulani pada bulan Februari lalu bertemu dengan jurnalis AS, Martin Smith di Idlib, Suriah. Stasiun televisi FRONTLINE telah menyiarkan beberapa bagian dari wawancara tersebut pada bulan April silam. (af/alalam)

Baca Juga:

Resmi, Netanyahu Lengser usai Menjabat PM Israel selama 12 Tahun

Pilpres Suriah, Kemenangan Politik yang Setara Kemenangan Militer

DISKUSI: