Venezuela Siap Kawal Tanker-tanker Iran

0
197

Caracas,LiputanIslam.com-Menhan Venezuela menyatakan, jika kapal-kapal tanker yang memuat bensin Iran telah memasuki kawasan khusus ekonomi Venezuela, tentara negara Latin itu siap mengawal tanker-tanker tersebut.

Dilansir Sputnik, Vladimir Padrino mengumumkan hal tersebut dalam sebuah wawancara televisi. Ia juga mengapresiasi bangsa Iran untuk solidaritas dan kerjasama mereka dengan Venezuela.

Padrino menambahkan, Pemerintah Venezuela juga telah menjalin kontak dengan Menhan Iran Amir Hatami.

Sebelum ini, para pejabat AS mengumbar ancaman akan mengusik tanker-tanker yang mengangkut BBM untuk Venezuela. Menyusul ancaman tersebut, Abbas Araghchi (Staf Politik Kemenlu Iran) memanggil Dubes Swiss, yang merupakan pelindung kepentingan AS.

“Ancaman dalam bentuk apa pun terhadap tanker-tanker Iran akan mendapat respons cepat dan tegas. Pemerintah AS mesti bertanggung jawab atas segala konsekunsinya,”kata Araghchi.

Di pihak lain, Menlu Iran Mohammad Javad Zarif juga mengirim surat peringatan ke Sekjen PBB.

Jubir Kemenlu Iran, Abbas Mousavi, dalam jumpa pers hari Senin mengumumkan, Teheran telah melayangkan peringatan kepada AS terkait tanker-tankernya.

“Kami berharap AS tidak melakukan tindakan bodoh, sebab mereka pasti akan mendapat balasan dari Iran,”kata Mousavi.

Reuters melaporkan, Washington tengah mengkaji langkah-langkah yang relevan untuk menyikapi pengiriman bensin Iran ke Venezuela. (af/alalam)

Baca Juga:

Dubes Iran Bantah Kiriman 9 Ton Emas dari Venezuela

Oposisi Venezuela Jalin Kesepakatan dengan Korporasi AS untuk Gulingkan Maduro

DISKUSI: