Dubes Iran Bantah Kiriman 9 Ton Emas dari Venezuela

0
131

Caracas,LiputanIslam.com-Dubes Iran di Venezuela, Hojjatollah Soltani, membantah klaim Bloomberg terkait kiriman 9 ton emas Venezuela sebagai imbalan bantuan Iran dalam menghidupkan kilang bensin negara Latin tersebut.

“Saya menepis kabar bahwa Pemerintah Iran menerima kiriman 9 ton emas Venezuela. Ini adalah rumor tak berdasar dan merupakan perangkap media yang tengah disebarkan,”kata Soltani.

“Hingga kini, bensin Iran belum pernah masuk ke Venezuela. Kedua negara telah berdialog soal kerjasama bilateral di bidang perdagangan. Namun hingga hari ini, Iran tidak memasok bensin untuk Venezuela,”lanjutnya.

Soltani lalu menjelaskan sejumlah penerbangan pesawat-pesawat Iran ke Venezuela baru-baru ini.

“Dalam beberapa hari terakhir, rata-rata ada 10 hingga 17 penerbangan dagang dari Iran ke Venezuela untuk mengangkut alat-alat yang dibutuhkan guna mengaktifkan kembali komplek kilang Paraguna,”papar Soltani.

Terkait kerjasama Teheran-Caracas dalam melawan Covid-19, Soltani menjelaskan bahwa kerjasama kedua negara menjadi lebih kuat di masa-masa krisis. Hubungan kedua negara disebutnya lebih erat dari sebelumnya, terutama di bidang dagang.

“Iran mendukung negara-negara Amerika Latin yang berada di bawah embargo-embargo ilegal,”tegasnya.

Soltani juga membantah keberadaan para pakar teknis Iran di kilang-kilang minyak Venezuela. Ia menegaskan, Venezuela sudah memiliki para pakar dalam jumlah memadai. Namun ia menegaskan, Iran siap membantu jika nanti Venezuela membutuhkan kerjasama di bidang teknis. (af/fars)

Baca Juga:

Oposisi Venezuela Jalin Kesepakatan dengan Korporasi AS untuk Gulingkan Maduro

Iran Luncurkan 21 Produk Baru Anti-Covid-19

DISKUSI: