Oposisi Venezuela Jalin Kesepakatan dengan Korporasi AS untuk Gulingkan Maduro

0
116

Washington,LiputanIslam.com-Harian Washington Post (WP) pada hari Kamis (7/5) membeberkan dokumen terkait upaya kudeta di Venezuela. Dokumen itu menyebutkan, kelompok oposisi Venezuela yang dipimpin Juan Guaido menjalin kesepakatan dengan korporasi AS pada Oktober 2019 lalu.

Kesepakatan senilai 213 juta dolar itu bertujuan untuk menggulingkan Presiden Nicolas Maduro.

WP melaporkan, kesepakatan oposisi Venezuela dengan Silvercorp itu tertuang dalam dokumen setebal 42 halaman.

Dokumen itu berisi mulai dari detail ranjau dan perangkat militer yang akan digunakan hingga cara eksekusi kudeta. Namun dokumen itu tidak menjelaskan bagaimana tim kecil pasukan khusus bisa melawan tentara negara seperti Venezuela.

Misi tim tersebut adalah menangkap atau membunuh Maduro, menggulingkan pemerintahan sah saat ini, dan menempatkan Guaido sebagai presiden.

Sehari setelah operasi teror digagalkan, Maduro mengumumkan keterlibatan dua warga AS bernama Arian Barry dan Luke Denman dalam insiden hari Minggu (3/5) tersebut.

Jordan Goudreau, mantan anggota Pasukan Elit AS, juga mengaku bahwa dirinya mengomandani operasi teror itu.

Menurut Reuters, terbongkarnya dokumen di atas adalah pukulan telak bagi Guaido dan oposisi Venezuela. Sebelum ini, mereka membantah terlibat dalam aksi teror Minggu atau hubungan dengan Silvercorp.

Reuters mengklaim tak bisa mengkonfirmasi validitas dokumen yang sampai ke WP. Padahal dokumen itu dibocorkan sendiri oleh sebagian pejabat dari kelompok oposisi Venezuela. (af/alalam)

Baca Juga:

Venezuela Tangkap 4 Teroris Lain Terkait Upaya Kudeta Hari Minggu Lalu

Guaido Kunjungi Eropa untuk Galang Dukungan

DISKUSI: