Venezuela: Jika Diperlukan, Kami Secara Konstitusional Bisa Membeli Senjata dari Iran

0
104

Caracas,LiputanIslam.com-Menlu Venezuela, Jorge Ariza menyatakan bahwa negaranya bisa saja membeli senjata secara legal dari Iran.

Ia menegaskan, Caracas akan melanjutkan hubungannya dengan Iran di berbagai bidang, seperti perdagangan, energi, pertanian, peternakan, industri mobil dan militer. Kerjasama ini dimulai di masa Hugo Chaves dan terus meningkat di masa kepresidenan Nicolas Maduro.

Dia lalu menyinggung dicabutnya pembatasan alutsista Iran oleh PBB beberapa waktu lalu. Menurutnya, di bidang kerjasama militer, pembelian senjata dari Iran sangat mungkin dilakukan. Ariza menegaskan, saat ini transaksi antara kedua negara dalam hal ini belum ada. Tapi hal ini bisa saja dievaluasi.

Pada hari Rabu (28/10) lalu, Maduro kembali menegaskan bahwa Caracas tidak membeli rudal dari Teheran. Kendati begitu, ia mengatakan bahwa pembelian rudal dari Iran adalah “gagasan yang sangat bagus.”

Maduro lalu mengungkit klaim Presiden Kolombia beberapa waktu lalu, yang menuding Venezuela membeli rudal Iran. Maduro menyebut Presiden Kolombia sebagai boneka biro intelijen AS.

Di bagian lain pidatonya, Maduro menegaskan bahwa hubungan Caracas dengan Teheran adalah “hubungan persaudaraan yang mendalam.” (af/alalam)

Baca Juga:

Buntut Penerbitan Kartun Nabi, Para Pejabat Iran Ramai-Ramai Mengecam Presiden Prancis

Maduro: Venezuela dan Iran Berhak Tentukan Nasibnya Sendiri

DISKUSI: