Upaya Bin Salman Sekularisasi Saudi

0
237

Riyadh,LiputanIslam.com-Situs SaudiLeaks mengungkapkan, Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman menginstruksikan sejumlah program, yang bertujuan mensekulerkan masyarakat tradisonal Saudi dan mengubah jati diri mereka secara bertahap.

SaudiLeaks memublikasikan dokumen yang menyebut bahwa dalam pertemuan dengan Kabinet Pemerintah, Putra Mahkota telah menginstruksikan kepada Kementerian Islam dan Tablig untuk menyusun program-program berkenaan dengan “toleransi pemikiran.”

Menurut SaudiLeaks, orang-orang terpilih untuk urusan keagamaan telah ditugaskan oleh Bin Salman untuk menyerahkan tanggung jawab amar makrud nahi mungkar kepada polisi. Para ulama, syekh, dan orang-orang diperintahkan tidak campur tangan dalam masalah ini. Tampaknya hal ini mengemuka setelah adanya saran untuk mencabut independensi Lembaga Amar Makruf Nahi Mungkar.

Dalam dokumen ini disebutkan, Bin Salman berusaha mewujudkan kebebasan hijab, akidah, perilaku, dan menjauhkan diri secara bertahap dari radikalisme. Mungkin yang dimaksud Bin Salman dari “menjauhi radikalisme” adalah tidak mengecam orang yang meminum miras dan melakukan judi.

Dokumen itu menyatakan, selain bersikap lunak kepada Ahlulkitab di level sosial, para ulama dan ruhaniawan juga mesti menjelaskan sekularisme dan toleransi terhadap musik, festival, bioskop, dan kebebasan wanita dalam perilaku sosial. Hal ini memberi kebebasan kepada para wanita Saudi untuk ikut hadir dalam perayaan-perayaan vulgar di Saudi, sebagaimana yang tercantum dalam proyek Visi 2030 Bin Salman.

Selain itu, para mufti dan penceramah Saudi juga harus menerangkan hukum-hukum ibadah saja dan tidak menyinggung kondisi budaya, politik, ekonomi, dan isu-isu lain. (af/fars)

Baca Juga:

Perundingan Riyadh, Trik Saudi untuk Selamat dari Perang Yaman

Saudi Eksekusi 81 Orang dalam Sehari

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
AR-SA

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:8.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:107%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:12.0pt;
font-family:”Typo Square Regular Demo”;}

DISKUSI: