Ulyanov: Mustahil Capai Kesepakatan Baru dengan Iran

0
537

Moskow,LiputanIslam.com-Wakil Rusia di organisasi-organisasi internasional di Wina, Mikhail Ulyanov, menyatakan, meski tanggal pasti periode ke-7 perundingan untuk menghidupkan JCPOA belum diumumkan, namun perundingan ini akan dilangsungkan usai pelantikan Ebrahim Raisi sebagai Presiden baru Iran.

“Upacara pelantikan akan diadakan pada 5 Agustus. Belum jelas periode berikutnya akan diselenggarakan kapan setelah tanggal itu. Para analis berpikir bahwa mungkin perundingan akan diadakan pada 15 atau 20 Agustus ataukah tidak. Sebagian mengatakan, periode selanjutnya akan dilangsungkan pada bulan September, sementara yang lain berpendapat akan diadakan pada Oktober,”papar Ulyanov.

Dia mengaku tidak tahu apakah sikap Pemerintahan baru Iran akan disesuaikan dengan perundingan-perundingan sebelumnya. Namun Ulyanov kembali menegaskan bahwa JCPOA harus dikembalikan seperti semula. Dia berpendapat, mustahil membuat sebuah kesepakatan baru dengan Iran.

Sebelum ini, ia juga sudah menyatakan bahwa satu-satunya tujuan perundingan Wina adalah menghidupkan bentuk perdana JCPOA.

“Pada hakikatnya, tujuan yang sudah disepakati dalam perundingan Wina adalah menghidupkan JCPOA pertama, tidak lebih dan tidak kurang,”tulis Ulyanov..

Hal ini diutarakan Ulyanov saat menanggapi pernyataan koleganya dari Iran di Wina, Kazem Gharibabadi. Gharibabadi menyatakan, Teheran tidak akan membiarkan perundingan Wina meliputi isu-isu yang tak ada kaitannya dengan JCPOA.

“Semua partisipan (dalam perundingan) harus berhati-hati agar tidak memunculkan perasaan, walau tidak sengaja, bahwa mereka sudah menyimpang dari tujuan bersama ini dan berusaha untuk menambahkan hal baru ke kesepakatan ini,”imbuh Ulyanov. (af/fars)

Baca Juga:

Serangan ke Kapal Israel, Bukti Kesatuan Geografi Poros Resistansi

[Video:] Iran Lumpuhkan Jaringan Teroris Agen Mossad Israel

DISKUSI: