Ulama Sunni Lebanon: Dengan Bantuan Iran, Hanya Hizbullah yang Bantu Rakyat

0
352

Beirut,LiputanIslam.com-Imam jamaah Masjid al-Ghufran di Shaida selatan Lebanon, Syekh al-Aylani menyatakan, inisiatif Hizbullah untuk membeli BBM dari Iran dilakukan di saat Pemerintah Lebanon dan banyak faksi-faksi politik tidak bisa memberikan solusi untuk krisis BBM yang dihadapi negara itu.

“Hanya Hizbullah yang mengambil inisiatif untuk menghubungi Otoritas Iran dan mendatangkan kapal-kapal tanker untuk membawa BBM ke Lebanon. Namun sayangnya, sebagian politisi Lebanon justru melancarkan serangan dan mempertanyakan inisiatif ini sebelum kapal-kapal itu tiba di Lebanon,”papar Syekh al-Aylani.

“Kami katakan kepada orang-orang yang curiga kepada masalah ini, bahwa kapal-kapal tanker Iran tak ada kaitannya dengan konflik Iran dan AS, tapi justru berguna bagi kepentingan Lebanon dan rakyatnya,”kata Syekh al-Aylani.

“Bantuan finansial Hizbullah, yang membagi-bagikan jutaan lira kepada para korban tewas dan luka ledakan tangki BBM di kota Akar, adalah bukti terbaik bahwa Hizbullah memerhatikan semua rakyat Lebanon, apa pun suku dan keyakinan mereka,”tandasnya.

Sebelum ini, Ketua Dewan Eksekutif Hizbullah, Sayyid Hasyim Safiuddin mengatakan, ada banyak capaian yang diperoleh Hizbullah di Lebanon. Namun sebagian pihak mengabaikannya, padahal AS dan Israel sendiri mengakui hal tersebut.

“Jika tujuan AS dari memberlakukan tekanan atas Hizbullah adalah agar kami meninggalkan medan, maka kami tegaskan bahwa kehadiran kami justru kian intens dan tangguh,”kata Safiuddin.

Ia berpendapat, problem utama di Lebanon adalah sistem. Problem ini bertambah ketika AS melakukan tekanan agar Poros Resistansi Lebanon meletakkan senjatanya.

“Dengan satu pukulan, kami telah mematahkan blokade atas tiga negara…Kami membeli BBM dari Iran, lalu membawanya lewat Suriah untuk digunakan Lebanon yang tengah diblokade. Ini adalah langkah pertama, yang akan kami sempurnakan dengan langkah-langkah berikutnya,”pungkasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Hizbullah: Lolosnya Tahanan Palestina adalah Tamparan Keras bagi Sistem Keamanan Israel

Iran: Jangan Coba Cegah Pengiriman Minyak Iran ke Lebanon

DISKUSI: