Iran: Jangan Coba Cegah Pengiriman Minyak Iran ke Lebanon

0
335

Beirut, LiputanIslam.com –  Iran memperingatkan kepada para musuhnya, terutama AS dan Israel, agar tak mencoba menghalangi dan mencegah pengiriman dan suplai minyak Iran untuk Lebanon yang sedang terdera krisis bahan bakar.

Peringatan itu disampaikan oleh Dubes Iran untuk Lebanon Mohammad Jalal Firouznia ketika mengkonfirmasi bahwa kapal tanker Iran akan segera berlabuh untuk menyuplai minyak ke Lebanon.

“Kapal ini akan segera terjangkau oleh rakyat Lebanon, dan proses ini mengindikasikan bahwa Republik Islam (Iran) tak tak akan pernah membiarkan terlaksananya kebijakan sanksi, blokade dan tindakan AS melaparkan bangsa-bangsa lain,” ungkap Firouznia dalam wawancara dengan saluran  Al-Manar milik Hizbullah Libanon, Kamis (2/9).

Dia menambahkan, “Kami  bersama bangsa-bangsa kawasan ini, dan tak akan membiarkan pihak regional dan internasional manapun mencegah proses (suplai minyak Iran ke Lebanon).”

Dia lantas memastikan bahwa satu kapal tanker Iran akan segera mencapai tujuannya sebelum kemudian menyusul kapal-kapal berikutnya.

Dubes Iran untuk Lebanon juga menyatakan negaranya menawarkan bantuan kepada tentara Lebanon, namun tampak ada pihak tertentu yang mencegah pemerintah Lebanon menerima tawaran ini.

Lebih lanjut dia memuji ketegaran dan menguatnya kubu resistensi Lebanon dalam menghadapi segala tantangan.

“Kami bangga dan gembira atas semakin kuatnya kubu resistensi,” ujarnya sembari menyebutkan bahwa kubu ini berpengaruh bagi keamanan kawasan dan berperan besar dalam pemberantasan terorisme.

Seperti ketahui, Sekjen Hizbullah Sayid Hassan Nasrallah kepada sekutunya, Iran, telah meminta pengiriman bensin dan solar ke Libanon secepatnya setelah sebagian besar genset di rumah sakit berhenti beroperasi , banyak toko roti tutup dan sarana transportasi terbengkalai akibat kelangkaan bahan bakar dan maraknya penimbunan bahan bakar.

Untuk pertama kalinya, Iran mencoba mengirim tiga kapal tanker minyak setelah ada permintaan segera dari Lebanon.

Laporan terbaru kemarin menyebutkan bahwa satu kapal di antaranya sudah berada di perairan Suriah dan akan segera bersandar di Pelabuhan Baniyas Suriah di tengah kekhawatiran akan adanya serangan atau aksi sabotase dari Israel dan atau AS yang menjatuhkan sanksi terhadap Iran dan Lebanon. (mm/fna)

Baca juga:

Kapal Iran Tiba di Perairan Suriah, Mufti Lebanon Tanggapi Hinaan kepada Hizbullah

Tegang, Kapal Tanker Iran Dekati Pantai Libanon, Iran dan Hizbullah Siapkan Skenario Buruk

DISKUSI: