UEA Pindahkan Sejumlah Tahanan Guantanamo ke Yaman

0
337

Sanaa,LiputanIslam.com-Berbarengan dengan kelanjutan pertempuran antara pasukan Sanaa dan pasukan sekutu Saudi-UEA di al-Bayda, pekan ini kelompok pertama dari para tahanan Guantanamo telah tiba di bandara al-Rayan, yang terletak di Provinsi Hadhramaut di timur Yaman

Menurut laporan al-Khabar al-Yamani, kelompok yang terdiri dari 6 orang itu adalah bagian dari 18 tahanan yang akan dikembalikan UEA ke Yaman.

AS menyerahkan para tahanan asal Yaman ini ke Abu Dhabi pada tahun 2015. Saat itu, UEA berkomitmen untuk memulangkan mereka ke Yaman.

Sumber-sumber lokal di Hadhramaut menyatakan, pemulangan para tahanan tersebut dari UEA ke Yaman dilakukan tanpa koordinasi dengan Pemerintahan Mansour Hadi.

Banyak pakar meyakini, tindakan Abu Dhabi yang baru dilakukan setelah 6 tahun ini menunjukkan bahwa Koalisi Agresor siap berperang lebih intens dengan menggunakan kelompok teroris. Apalagi pihak UEA dalam statemen-statemen terdahulu menyatakan, tindakan ini dilakukan dengan sepengetahuan AS. Ini juga membuktikan bahwa aktivitas kelompok teroris di Yaman dilakukan di bawah pengawasan penuh Washington.

Al-Khabar al-Yamani menambahkan, para pakar menilai bahwa Washington secara licik memanfaatkan kelompok teroris, serta mengabaikan dampak berbahaya dari permainan dengan kartu terorisme atas keamanan Kawasan dan dunia.

Baru-baru ini, al-Qaeda melalui statemennya mengakui bekerja sama dengan Koalisi Saudi untuk menghadapi Tentara dan Komite Rakyat Yaman dalam pertempuran di bagian tengah negara tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

AS Didesak untuk Tarik Semua Serdadunya dari Irak Tanpa Kecuali

Ansarullah Yaman Menghebat di Bayda, Pasukan Lawannya Kerahkan Kekuatan di Perbatasan Ma’rib

DISKUSI: