Ansarullah Yaman Menghebat di Bayda, Pasukan Lawannya Kerahkan Kekuatan di Perbatasan Ma’rib

0
472

Bayda, LiputanIslam.com –  Pasukan Ansarullah (Houthi) dan pasukan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi yang didukung pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi sama-sama memperkuat pasukan ke kawasan sekitar distrik Bijan, provinsi Shabwah, setelah Ansarullah mencetak kemajuan dan menguasai distrik Nati’ dan Na’man di Provinsi Bayda.

Kemajuan selanjutnya yang mungkin akan dicapai oleh Ansarullah di kawasan Bijan di garis perbatasan benteng terakhir kubu Hadi di Ma’rib menjadi ancaman besar bagi kubu ini.

Ansarullah berusaha mengusai Ma’rib sejak Februari lalu hingga pecah pertempuran sengit yang menjatuhkan ratusan korban tewas dari belah pihak. Daya tawar Ansarullah dalam perundingan damai akan meningkat drastis jika mereka berhasil menguasai Ma’rib yang kaya minyak.

Sumber militer kubu Hadi, Senin (26/7), mengatakan bahwa AFP bahwa kedua pihak sama-sama mengerahkan pasukan ke kawasan sekitar Bijan setelah Ansarullah menguasai dua distrik di provinsi Bayda.

Wakil Gubernur Bayda Ahmad Al-Humaiqani mengatakan, “Kami mengkonfirmasi keberhasilan Ansarullah menguasai distrik Nati’ dan Na’man serta dimulainya gerak maju mereka menuju Bijan di Shabwah. Dua distik ini ditelantarkan oleh Kemhan pemerintahan yang sah (kubu Hadi) dan koalisi Arab karena dua distrik ini jatuh tanpa konfrontasi militer besar.”

Satu narasumber lain menyebutkan bahwa Ansarullah sekarang hendak berkonsentrasi di posisi-posisi yang menjangkau Provinsi Shabwah.

Dalam tiga pekan terakhir, Provinsi Bayda diwarnai kecamuk pertempuran antara kedua pihak, dan Ansarullah berhasil mencetak kemajuan di sebagian besar front pertempuran. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Ansarullah Yaman Lancarkan Serangan Drone dan Rudal ke Wilayah Saudi

Media Yaman: Ansarullah Kuasai Banyak Wilayah Distrik Nati’ di Provinsi Al-Bayda

DISKUSI: