AS Didesak untuk Tarik Semua Serdadunya dari Irak Tanpa Kecuali

0
480

Baghdad,LiputanIslam.com-Kelompok al-Nujaba menanggapi statemen final pertemuan para pemimpin Irak dan AS, yang menyatakan bahwa misi militer AS di Irak akan berakhir pada penghujung tahun 2021.

Statemen bersama ini menyebutkan, ”Delegasi kedua belah pihak memutuskan bahwa hubungan keamanan diubah sepenuhnya menjadi peran pelatihan, konseling, dukungan, dan intelijen. Hingga 31 Desember 2021 nanti, tak ada satu pun pasukan AS yang memiliki peran militer.”

Wasekjen al-Nujaba, Nashr al-Shammari menilai positif sikap resmi Irak yang tidak membutuhkan pasukan AS. Ia menegaskan, ”Tujuan orang-orang yang bersikeras mempertahankan AS di Irak adalah mengesankan ‘kebesaran’ diri mereka dengan bantuan asing.”

Al-Nujaba menegaskan bahwa orang-orang Irak menuntut AS menarik keluar semua personelnya tanpa pengecualian.

”Kami menolak keberadaan AS dan menghendaki semua serdadu AS angkat kaki sepenuhnya.”

Sembari menyatakan bahwa langit Irak berada dalam kendali Tentara AS, al-Shammari berkata, ”Kejahatan-kejahatan AS di Irak, terutama teror terhadap Syahid Qassem Soleimani dan Syahid Abu Mahdi al-Muhandis, dilakukan oleh Angkatan Udaranya.”

“Bukan hanya Israel yang menjadikan pangkalan-pangkalan Irak sebagai target. Tapi sebenarnya Israel saling berganti peran dengan Tentara AS,” tandasnya. (af/fars)

Baca Juga:

Ansarullah Yaman Menghebat di Bayda, Pasukan Lawannya Kerahkan Kekuatan di Perbatasan Ma’rib

Mesir Diam-Diam Hubungi Hizbullah, Bahas Isu Gaza, Krisis Libanon dan Iran

DISKUSI: