TV Israel: Drone Iran Tak Kurang Bahayanya dari Nuklir Iran

0
104

TelAviv,LiputanIslam.com-Kemampuan pesawat-pesawat nirawak milik Iran menjadi topik pembahasan khusus dalam sebuah acara televisi Israel beberapa hari lalu.

Pembawa acara Kanal 11 mengawali dengan pernyataaan bahwa bahaya drone-drone Iran tidak lebih sedikit dari ancaman nuklirnya, kendati banyak pihak yang lebih mencemaskan ancaman kedua.

Meski berharga murah dan berukuran kecil, kata pembawa acara, namun daya hancurnya bisa menyebabkan kerugian “amat besar” jika ditilik dari ukurannya yang kecil.

Menteri Perang Israel, Benny Gantz dalam program tersebut menyinggung drone Shahed 136 yang berjarak tempuh hingga 3 ribu kilometer dan menyebut Iran sebagai “ancaman keamanan untuk Israel”.

Saat Gantz ditanya apakah drone-drone Iran merupakan ancaman strategis utuk Tel Aviv, ia menjawab, ”Jelas bahwa drone secara umum di dunia, khususnya di Timteng, adalah sebuah faktor operasional yang ada di keranjang musuh-musuh kita. Kita harus melawannya. Dari sisi geopolitik dan strategi keamanan, ancaman dari drone-drone Iran selalu merupakan ancaman penting atas Israel. Ancaman ini memiliki aspek-aspek operasional dan memaksa kita siap menghadapinya dari sisi intelijen, pertahanan, dan serangan.”

”Di masa lalu, jarang orang yang memahami tingkat ancaman drone. Namun saat ini, sebagian besar sepakat bahwa ini adalah sebuah ancaman berdaya hancur tinggi yang tak bisa diremehkan,”kata pembawa acara. (af/fars)

Baca Juga:

Iran: Tak Ada yang Bisa Tinggal Diam Soal Proyek Nuklir Israel

Berri Terpilih lagi, Media Israel: Tanda Persatuan Faksi-faksi Pro-Hizbullah

DISKUSI: