Berri Terpilih lagi, Media Israel: Tanda Persatuan Faksi-faksi Pro-Hizbullah

0
247

Beirut,LiputanIslam.com-Parlemen Lebanon untuk ke-7 kalinya memilih Berri dalam rapat pertamanya pada Selasa 31 Mei lalu, yang menunjukkan adanya koordinasi yang dibutuhkan untuk menangani masalah-masalah yang dihadapi Lebanon.

Hasil rapat pertama Parlemen Lebanon memicu beragam reaksi. Para pendukung dan penentang kubu Resistansi di dalam serta luar Lebanon pun memberikan analisis mereka terkait hasil tersebut.

Media-media Zionis menyatakan, para penentang Hizbullah dan Sayyid Hasan Nasrallah telah menderita kekalahan pertama mereka pascapemilu. Analis stasiun televisi KAN, Rui Qais mengatakan bahwa terpilihnya Berri dan Ilyas Boushaab (sebagai wakil Berri) merupakan capaian lain untuk kubu para sekutu Hizbullah.

Situs Zionis, Rotter menyatakan bahwa Hizbullah dan sekutunya telah “bernafas lega” atas terpilihnya Berri sebagai Ketua Parlemen dan Boushaab sebagai wakilnya.

Harian Israel Hayom menyebut terpilihnya Berri sebagai tanda terjaganya persatuan di antara faksi-faksi yang dekat dengan Hizbullah. Harian ini mengakui, terpilihnya Berri adalah ujian pertama musuh-musuh Hizbullah, yang berakhir dengan kegagalan memalukan. Israel Hayom menyebut partai Geagea sebagai pecundang sejati.

Berri memperoleh 65 dari total 128 suara. Selain itu, Boushaab juga terpilih sebagai wakilnya. Boushaab adalah kandidat dari Partai Free Patriotic Movement (sekutu Hizbullah). Boushaab sukses mengalahkan Gassan Sakaf dari Partai Lebanese Forces pimpinan Samir Geagea (sekutu AS dan Saudi). (af/fars)

Baca Juga:

Selamati Pembebasan Lebanon, Assad: Perlawanan adalah Opsi Tepat

Sekjen Hizbullah: Hasil Pemilu Cerminkan Keteguhan pada Resistensi

DISKUSI: