Tuding WHO Memihak China, Trump Hentikan Bantuan AS

0
629

Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump pada hari Rabu dini hari WIB mengumumkan, negaranya akan menghentikan bantuan untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Trump menyatakan ada 8.675 alat pernafasan buatan di gudang-gudang federal AS. Rencananya akan ada penambahan 110 ribu alat pernafasan lainnya.

Menurut Trump, sejumlah negara bagian, termasuk Washington dan California, yang tidak membutuhkan alat pernafasan buatan telah mengembalikannya.

Dia juga mengabarkan bahwa Inggris meminta sedikitnya 200 alat tersebut dari AS.

Saat ini, kata Trump, para insinyur tentara AS berupaya membangun rumah sakit darurat untuk memenuhi kebutuhan 15.000 ranjang di daerah-daerah yang memerlukannya.

Terkait prediksi bahwa penyebaran pandemi Corona di AS akan mencapai puncaknya pada pekan mendatang, Trump berkomentar,”Itu akan menjadi pekan yang menyakitkan.”

Dia mengklaim, ada tanda-tanda bahwa strategi pemerintahannya dalam menangani Corona “sangat efektif.”

“Tiap warga AS harus memainkan peran dalam perang ini. Kita akan menang dengan penuh kekuatan,”ujar Trump.

Terkait penghentian bantuan AS untuk WHO, dia mengatakan,”Kami membekukan dana yang biasanya dikirim kepada WHO. Seharusnya mereka bisa lebih cepat mensosialisasikan (penyebaran Corona). Semestinya mereka sudah mengetahuinya, tapi ada kemungkinan mereka tak punya informasi.”

“WHO keliru dalam banyak hal. Tampaknya mereka terlalu fokus kepada China. Kami akan membahas masalah ini,”imbuh Trump.

AS disebut-sebut sebagai donatur terbesar untuk WHO. Tiap tahun Washington memberikan bantuan antara 212 hingga 513 juta dolar. (af/fars)

Baca Juga:

Zarif: Iran Tak Butuh Derma AS dalam Perang Melawan COVID-19

Wabah Corona Paksa Turki Minimalisir Pergerakan Militernya di Suriah

DISKUSI:
SHARE THIS: