Tolak Hasil Pilpres, Trump Seru Pendukungnya Lakukan Unjuk Rasa

0
81

Washington,LiputanIslam.com-Menjelang hari-hari terakhirnya di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump dalam cuitan terbarunya menyeru para pendukungnya untuk berdemo.

“Perkumpulan protes akan diadakan tepat pukul 11 siang pada 6 Januari nanti di New York. Cegah pencurian (suara),”cuitnya.

Stasiun televisi CNN melaporkan, ada kemungkinan bahwa sejumlah legislator Republik akan menentang peresmian hasil Pilpres 2020, yang akan diadakan 6 Januari nanti di Kongres AS.

Mengutip dari dua anggota Kongres, CNN memberitakan bahwa sekitar 140 legislator Republik di Majelis Perwakilan dan sejumlah besar anggota Senat akan memprotes hasil Pilpres.

Pada hari Jumat (1/1) kemarin, Senat AS dengan mayoritas suara membatalkan veto Trump atas UU Wewenang Pertahanan Militer (anggaran militer) untuk tahun 2021.

Menurut laporan Hill, para legislator di Senat AS dengan langkah ini telah mencatatkan kekalahan lain bagi Trump di hari-hari terakhir jabatannya sebagai Presiden AS.

Sebelum UU Wewenang Pertahanan Nasional untuk tahun 2021 disahkan, Trump telah menyatakan penentangan terhadap sejumlah butir UU tersebut, di antaranya yang berkaitan dengan China dan Afghanistan. Dia mengancam akan memveto UU tersebut. (af/alalam)

Baca Juga:

Trump Diskakmat oleh Kongres AS dan Kian Diabaikan

Serangan Koalisi Saudi ke Acara Pernikahan Tewaskan Sejumlah Warga Sipil

DISKUSI: