Trump Nyatakan Dukungan untuk Pendemo Bersenjata di Michigan

0
379

Washington,LiputanIslam.com-Donald Trump mengatakan, seharusnya Gretchen Whitmer (Gubernur Michigan) menjalin kesepakatan dengan para pengunjuk rasa terkait aturan karantina.

“Gubernur Michigan mesti memberikan sedikit (kelonggaran) dan memadamkan api,”cuit Trump, seperti dilansir Guardian.

Para pendemo yang membawa senjata api dan memaksa masuk ke gedung Kongres Michigan itu disebut Trump sebagai “orang-orang ramah, tapi sedang marah.”

“Mereka ingin kembali ke kehidupan mereka dengan aman. Temuilah mereka, bicara dengan mereka, dan jalin kesepakatan dengan mereka,”cuitnya.

Pada hari Kamis (30/4) lalu, ratusan pendemo, yang sebagian dari mereka bersenjata, berunjuk rasa di depan gedung Kongres Michigan. Mereka memprotes perpanjangan aturan karantina di negara bagian tersebut.

Mereka memaksa masuk ke ruang rapat dan sempat merangsek hingga ke lobi gedung. Namun mereka terpaksa keluar setelah dibubarkan oleh aparat polisi dan staf gedung.

Trump mendukung agar karantina di kota-kota AS diakhiri demi mengaktifkan roda perekenomian. Dalam beberapa pekan terakhir, Trump mengunggah cuitan-cuitan terkait “pembebasan negara-negara bagian.”

Karantina dan penutupan pusat-pusat dagang AS memicu angka pengangguran secara drastis di negara tersebut. Padahal sebelum munculnya pandemi Corona, turunnya angka pengangguran adalah kartu truf Trump dalam pilpres mendatang.

Jubir baru Gedung Putih menyatakan, Trump mendukung hak warga untuk berunjuk rasa dalam koridor hukum dan selama mereka menjaga protokol kesehatan.

Namun Jubir Polisi Michigan menyatakan, kebanyakan pengunjuk rasa pada hari Kamis lalu tidak mengenakan masker dan juga tidak menerapkan social distancing. (af/fars)

Baca Juga:

Puluhan Warga New York Keracunan Disinfektan Akibat Anjuran Trump

Biden kepada Trump: Kesehatan Warga AS Jangan Jadi Bahan Guyonan

DISKUSI: